Trik Promosi Produk Terbukti Ampuh supaya Cepat Laku

Pembahasan kita kali ini yakni Trik Promosi Produk Terbukti Ampuh supaya Cepat Laku. Membuat promosi yang berhasil itu tak cuma seputar copywriting atau kata-kata paling bagus. Namun ada hal-hal lain yang mesti Anda miliki supaya promosi yang Anda laksanakan dapat menjual. Dan tentu saja berhasil mendatangkan transaksi. Berikut ini 3 syarat wajib atau rahasia biar promosi Anda berhasil yaitu produk bagus dan dibutuhkan; target market yang pas; serta punya kolam prospek.

Trik Promosi Produk Terbukti Ampuh supaya Cepat Laku

Trik Promosi Produk Terbukti Ampuh supaya Cepat Laku

Kalau promosi Anda tak berhasil ada kemungkinan salah satu hal tersebut belum Anda jalankan. Apabila Anda bisa memenuhi syarat ini, hampir pasti semua promosi yang Anda jalankan sukses. Ini penjelasan dari syarat wajib ini :

1. Produknya Berkualitas dan Diperlukan

Dari semua teknik promosi yang paling keren sekalipun, poin ini ialah yang paling dasar. Promosi sekenceng apapun apabila produknya kagak bermutu, hasilnya malah blunder. Begini, kejadiannya ialah Anda mempromosikan sesuatu tapi dianggapan pasar bahwa produk tersebut berkualitas gak bagus, hasilnya kemungkinan besar bakal tak optimal.

Berbicara promosi Anda akan berbicara tentang jangka panjang. Maka Anda kudu perhatikan bahwa produk yang dijual emang berkualitas bagus. Buat teman-teman reseller, pastikan memiliki supplier yang menjual produk berkualitas. Dan pastikan produk yang Anda jual memang diperlukan market. Sebab apabila menjual sesuatu yang sebenarnya kurang dibutuhkan pasar, mau Anda edukasi hingga jungkir balik jualannya pun tak bakal optimum.

Trik Promosi Produk Terbukti Ampuh supaya Cepat Laku

2. Target Market yang Pas

Pada bagian ini kita bahas mengenai dua poin penting yaitu target market dan level kedekatan. Ada hal yang lebih utama dari sebuah kalimat promosi yang bagus. Jangan sampai salah target market. Target marketnya mesti sesuai dengan produk yang dijual. Seperti,

  • Jualan buku bisnis, segmennya harus ke pebisnis, agak sulit kalau ke karyawan. Kecuali ke karyawan yang niat memulai usaha.
  • Jualan situs company profile, segmennya bisa ke corporate.
  • Jual web online shop bisa ke pebisnis online.
  • Jualan herbal agak sulit untuk segmennya anak muda atau remaja. Jualan herbal lebih cocok buat segmen dewasa.
Marketing temperature

Syarat promosi disesuaikan dengan level kedekatan market. Rata-rata teknik ini menggunakan istilah marketing temperature. Level kedekatan market ini terbagi menjadi 3 market yakni Cold Market, Warm Market, Hot Market. Di Global Marketing Concept, istilah ini sering dipakai dengan nama Classification of Sales Leads.

Trik Promosi Produk Terbukti Ampuh supaya Cepat Laku

Pernah tak Anda jualan udah berbusa-busa tapi kagak ada yang nyangkut. Udah sebar BC setiap hari, blusukan ke grup, share di media sosial, tetap tak nyangkut. Apa yang terjadi yang sebetulnya?

Kemungkinan besar Anda menjual ke cold market, yaitu market yang belum mengenal Anda. Ilustrasinya seperti ini. Misal ada lawan jenis deketin Anda, kagak kenal, tidak pernah ketemu akan tetapi tiba-tiba ngajak nikah (ngajak closing). Pasti engga akan mau kan. Itu mirip Anda yang engga dikenal tapi tiba-tiba jualan produk yang ga dikenal dan ke market yang belum mengenal produk Anda. Itu yang dinamakan cold market.

Lalu apa itu warm market? Warm adalah market yang telah mengetahui produknya dan telah mengenal penjualnya. Alias telah mulai percaya sedikit-sedikit. Bagaimana dengan hot market? hot market yakni karakter market yang sudah tahu dan telah pernah beli produk Anda sebelumnya. Sehingga si market sudah ada trust.

Trik Promosi Produk Terbukti Ampuh supaya Cepat Laku

Jualan yang mempunyai potensi closing yakni ke warm market. Dan paling gampang closing ialah jual ke hot market yang telah benar-benar percaya. Apa yang Anda jual hampir pasti dibeli.

Catatan:

Jangan jualan ke cold market, sebab pasti susah closing. Wajib dirubah lebih dahulu dari cold jadi warm atau bahkan hot. Pertanyaannya: gimana mengubah cold jadi warm atau hot? Jawabannya Anda mesti give, give dan give. Mengenalkan diri, bisa sharing, bisa kasih sesuatu yang bermanfaat, bangun interaksi dengan kolam Anda.

3. Membangun Kolam Prospek

Kata-kata promosi telah bagus, penawaran udah menarik, copywriting telah paling bagus bahkan setiap hari pakai covert selling. tapi tetap yang nyangkut closing sedikit. Jawabannya kemungkinan besar kolam prospek Anda tak banyak. Leads Anda kecil.

Trik Promosi Produk Terbukti Ampuh supaya Cepat Laku

Bila mau promosi yang Anda bikin berhasil, langkah penting yang perlu dilakukan ialah harus punya kolam yang besar. Kolam prospek yakni calon pembeli Anda. Calon prospek dalam sebuah database besar yang terus Anda bangun. Kolam itu tujuannya ialah bikin cold market menjadi warm market.

Yang tadinya si market itu ga mengenal Anda (cold) jadi kenal (warm). Contoh kolam itu seperti FB, IG, BBM, Grup WA, Telegram, Email dls. Kunci sukses supaya promosi yang Anda bikin sukses yaitu punya kolam yang besar.

Perbesar Kolam

Contoh kolam yang besar :

  • minimal FB pribadi Anda 4000 friends,
  • Memiliki IG minimal 5000 follower,
  • BBM kontak Anda minimal 5000 kontak,
  • Kontak WA yang tetarget seengganya 1000,
  • Apabila bisa memiliki FB grup minimal 5000.

Trik Promosi Produk Terbukti Ampuh supaya Cepat Laku

Namun mohon dicatat, semua kolam mesti yang sesuai target market Anda. Dan contoh kolam di atas yakni untuk jualan online. Sedangkan untuk jualan offline kolam prospeknya adalah database yang Anda punyai dan pasukan penjualan yang dibikin.

Kalau tak punya kolam prospek apakah tak bisa jualan? Jawabannya tentu bisa, namun jualannya ga sebesar dan secepat yang memiliki kolam prospek. Mending jualannya satu biji atau 10 bahkan 100?

Karena mau gimana juga kolam prospek ialah kumpulan leads (calon prospek) yang Anda tumbuh kembangkan buat nantinya dipersiapkan menjadi pelanggan Anda. Boleh ga pakai kolam orang lain. Boleh aja asal produk Anda udah dikenal banget. Jika belum dikenal nanti dapat disebut spam.

Trik Promosi Produk Terbukti Ampuh supaya Cepat Laku

Satu catatan penting: Jangan asal spam, malah merusak nama atau brand Anda. Jikapun mau spam di grup orang mesti ijin atau japri admin dengan memperkenalkan diri dan minta ijin dulu. Atau bila ingin jualan ya kudu japri. Jadi disaran tetap bangun kolam prospek sendiri.

Berapa lama ya buat kolam prospek? Tergantung seberapa konsisten sharing Anda. Kolam prospek yang Anda bangun entah itu FB pribadi, WA, BBM dls, mesti Anda dorong dari cold jadi warm. Ingat, Anda mesti sering sharing dan giving.

Nah, untuk lebih mendalam tentang cara bikin promosi yang berhasil coba baca buku Rahasia Membuat Promosi yang Menjual. Buat membelinya dapat hubungi kami atau klik link di judul buku.

Sekian info berkaitan dengan Trik Promosi Produk Terbukti Ampuh supaya Cepat Laku, kami harap post kali ini bermanfaat untuk sahabat semua. Mohon postingan ini diviralkan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Syarat Promosi Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *