Trick Cerdas untuk Mempromosikan Produk untuk Usaha

[pgp_title]

Pembahasan kita sekarang ialah Trick Cerdas untuk Mempromosikan Produk untuk Usaha. Bikin promosi yang sukses itu enggak cuma mengenai copywriting atau kata-kata paling keren. Akan tetapi ada hal-hal lain yang harus Anda miliki supaya promosi yang Anda laksanakan dapat menjual. Dan tentu aja berhasil mendatangkan transaksi. Berikut ini 3 syarat penting atau rahasia agar promosi Anda berhasil yakni produk bagus dan dibutuhkan; target market yang pas; serta punya kolam prospek.

Trick Cerdas untuk Mempromosikan Produk untuk Usaha

Trick Cerdas untuk Mempromosikan Produk untuk Usaha

Jika promosi Anda tak sukses ada kemungkinan salah satu hal tersebut belum Anda lakukan. Bila Anda dapat memenuhi syarat ini, hampir pasti semua promosi yang Anda laksanakan sukses. Berikut ini penjelasan dari syarat penting ini :

1. Produknya Berkualitas dan Diperlukan

Dari semua teknik promosi yang paling keren sekalipun, poin ini ialah yang paling dasar. Promosi sekenceng apapun kalau produknya tidak berkualitas, hasilnya malah blunder. Begini, kejadiannya adalah Anda mempromosikan sesuatu akan tetapi dianggapan pasar bahwa produk tersebut berkualitas gak baik, hasilnya kemungkinan besar bakal engga optimal.

Berbicara promosi Anda bakal berbicara tentang jangka panjang. Maka Anda wajib perhatikan bahwa produk yang dijual emang bermutu baik. Buat teman-teman reseller, pastikan mempunyai supplier yang menjual produk bermutu. Dan pastikan produk yang Anda jual emang dibutuhkan market. Karena apabila menjual sesuatu yang sebenarnya kurang dibutuhkan pasar, mau Anda edukasi sampai jungkir balik jualannya juga kagak akan optimum.

Trick Cerdas untuk Mempromosikan Produk untuk Usaha

2. Target Market yang Pas

Pada bagian ini kita bahas perihal dua poin penting yakni target market dan level kedekatan. Ada hal yang lebih penting dari sebuah kalimat promosi yang bagus. Jangan sampai salah target market. Target marketnya kudu sesuai dengan produk yang dijual. Misal,

  • Jualan buku bisnis, segmennya wajib ke pebisnis, agak sulit apabila ke karyawan. Kecuali ke karyawan yang niat memulai usaha.
  • Jualan situs company profile, segmennya bisa ke corporate.
  • Jual web online shop bisa ke pebisnis online.
  • Jualan herbal agak sulit buat segmennya anak muda atau remaja. Jualan herbal lebih cocok buat segmen dewasa.
Marketing temperature

Syarat promosi disesuaikan dengan level kedekatan market. Pada umumnya teknik ini pakai istilah marketing temperature. Level kedekatan market ini terbagi menjadi 3 market yakni Cold Market, Warm Market, Hot Market. Di Global Marketing Concept, istilah ini sering dipakai dengan nama Classification of Sales Leads.

Trick Cerdas untuk Mempromosikan Produk untuk Usaha

Pernah enggak Anda jualan sudah berbusa-busa tetapi kagak ada yang nyangkut. Sudah nyebar BC tiap hari, blusukan ke grup, share di sosial media, tetap gak nyangkut. Apa yang terjadi yang sebenarnya?

Kemungkinan besar Anda menjual ke cold market, yaitu market yang belum mengenal Anda. Ilustrasinya seperti ini. Misal ada lawan jenis deketin Anda, ga kenal, engga pernah ketemu namun tiba-tiba ngajak nikah (ngajak closing). Pasti ga akan mau kan. Itu mirip Anda yang enggak dikenal namun tiba-tiba jualan produk yang ga dikenal dan ke market yang belum mengenal produk Anda. Itu yang dinamakan cold market.

Lalu apa itu warm market? Warm ialah market yang sudah mengetahui produknya dan sudah kenal penjualnya. Atau sudah mulai percaya sedikit-sedikit. Bagaimana dengan hot market? hot market adalah karakter market yang sudah mengetahui dan sudah pernah beli produk Anda sebelumnya. Sehingga si market sudah ada trust.

Trick Cerdas untuk Mempromosikan Produk untuk Usaha

Jualan yang memiliki potensi closing yaitu ke warm market. Dan paling mudah closing ialah jual ke hot market yang udah benar-benar percaya. Apa yang Anda jual hampir pasti dibeli.

Catatan:

Jangan jualan ke cold market, karena pasti susah closing. Mesti diubah lebih dulu dari cold menjadi warm atau bahkan hot. Pertanyaannya: bagaimana mengubah cold jadi warm atau hot? Jawabannya Anda mesti give, give dan give. Mengenalkan diri, bisa sharing, bisa kasih sesuatu yang bermanfaat, bangun interaksi dengan kolam Anda.

3. Membangun Kolam Prospek

Kata-kata promosi udah bagus, penawaran udah menarik, copywriting telah paling keren bahkan setiap hari memakai covert selling. tapi tetap yang nyangkut closing sedikit. Jawabannya kemungkinan besar kolam prospek Anda tak banyak. Leads Anda kecil.

Trick Cerdas untuk Mempromosikan Produk untuk Usaha

Kalau ingin promosi yang Anda bikin berhasil, langkah penting yang wajib dilaksanakan ialah perlu memiliki kolam yang besar. Kolam prospek adalah calon pembeli Anda. Calon prospek dalam sebuah database besar yang terus Anda bangun. Kolam itu tujuannya yaitu membuat cold market menjadi warm market.

Yang tadinya si market itu kagak mengenal Anda (cold) jadi kenal (warm). Contoh kolam itu seperti FB, IG, BBM, Grup WA, Telegram, Email dll. Kunci sukses supaya promosi yang Anda buat berhasil adalah mempunyai kolam yang besar.

Perbesar Kolam

Contoh kolam yang besar :

  • minimal FB pribadi Anda 4000 friends,
  • Punya Instagram minimal 5000 follower,
  • BBM kontak Anda minimal 5000 kontak,
  • Kontak WA yang tetarget seenggaknya 1000,
  • Apabila bisa memiliki FB grup minimal 5000.

Trick Cerdas untuk Mempromosikan Produk untuk Usaha

Tapi mohon dicatat, semua kolam wajib yang sesuai target market Anda. Dan contoh kolam di atas ialah untuk jualan online. Sedangkan untuk jualan offline kolam prospeknya ialah database yang Anda miliki dan pasukan penjualan yang dibuat.

Kalau engga mempunyai kolam prospek apakah kagak dapat jualan? Jawabannya tentu dapat, akan tetapi jualannya tidak sebesar dan secepat yang memiliki kolam prospek. Mending jualannya satu biji atau 10 bahkan 100?

Karena mau bagaimana pun kolam prospek yaitu kumpulan leads (calon prospek) yang Anda tumbuh kembangkan buat nantinya disiapkan jadi pelanggan Anda. Boleh kagak pakai kolam orang lain. Boleh saja asal produk Anda sudah dikenal banget. Jika belum dikenal nanti dapat disebut spam.

Trick Cerdas untuk Mempromosikan Produk untuk Usaha

Satu catatan penting: Jangan asal spam, malah merusak nama atau brand Anda. Apabilapun mau spam di grup orang harus ijin atau japri admin dengan mengenalkan diri dan minta ijin dulu. Atau jika mau jualan ya perlu japri. Jadi disaran tetap bangun kolam prospek sendiri.

Berapa lama ya bikin kolam prospek? Tergantung seberapa konsisten sharing Anda. Kolam prospek yang Anda bangun entah itu FB pribadi, WA, BBM dst, harus Anda dorong dari cold menjadi warm. Ingat, Anda harus sering sharing dan giving.

Nah, buat lebih mendalam seputar cara bikin promosi yang berhasil coba baca buku Rahasia Membuat Promosi yang Menjual. Buat membelinya dapat hubungi kami atau klik link di judul buku.

Demikian info perihal Trick Cerdas untuk Mempromosikan Produk untuk Usaha, semoga post ini mencerahkan kalian. Mohon postingan ini disebarluaskan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Syarat Promosi Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *