Tips Kreatif Promosi yang Baik supaya Jualannya Laku

[pgp_title]

Pada kesempatan ini kami akan ulas perihal Tips Kreatif Promosi yang Baik supaya Jualannya Laku. Bikin promosi yang sukses itu tak hanya terkait dengan copywriting atau kata-kata paling bagus. Akan tetapi ada hal-hal lain yang wajib Anda punyai biar promosi yang Anda laksanakan dapat menjual. Dan tentu saja sukses mendatangkan transaksi. Berikut syarat wajib atau rahasia supaya promosi Anda sukses yaitu produk bagus dan dibutuhkan; target market yang pas; serta punya kolam prospek.

Tips Kreatif Promosi yang Baik supaya Jualannya Laku

Tips Kreatif Promosi yang Baik supaya Jualannya Laku

Kalau promosi Anda ga berhasil ada kemungkinan salah satu hal tersebut belum Anda laksanakan. Kalau Anda dapat memenuhi syarat ini, hampir pasti semua promosi yang Anda laksanakan sukses. Ini penjelasan dari ketiga syarat wajib ini :

1. Produknya Bermutu dan Diperlukan

Dari semua teknik promosi yang paling bagus sekalipun, poin ini yaitu yang paling dasar. Promosi sekenceng apapun bila produknya engga bermutu, hasilnya malah blunder. Begini, kejadiannya yaitu Anda mempromosikan sesuatu tetapi dianggapan pasar bahwa produk tersebut berkualitas ga baik, hasilnya kemungkinan besar akan engga optimal.

Berbicara promosi Anda akan berbicara tentang jangka panjang. Maka Anda kudu perhatikan bahwa produk yang dijual memang berkualitas baik. Bagi teman-teman reseller, pastikan punya supplier yang menjual produk berkualitas. Dan pastikan produk yang Anda jual memang dibutuhkan market. Sebab apabila menjual sesuatu yang sebenarnya kurang diperlukan pasar, mau Anda edukasi sampai jungkir balik jualannya juga ga akan maksimum.

Tips Kreatif Promosi yang Baik supaya Jualannya Laku

2. Target Market yang Pas

Pada bagian ini kita bahas tentang dua poin penting yakni target market dan level kedekatan. Ada hal yang lebih penting dari sebuah kalimat promosi yang keren. Jangan sampai salah target market. Target marketnya harus sesuai dengan produk yang Anda jual. Contoh,

  • Jualan buku bisnis, segmennya kudu ke pebisnis, agak susah kalau ke karyawan. Kecuali ke karyawan yang niat buka usaha.
  • Jualan situs company profile, segmennya bisa ke corporate.
  • Jual website online shop bisa ke pebisnis online.
  • Jualan herbal agak sulit untuk segmennya anak muda atau remaja. Jualan herbal lebih cocok buat segmen dewasa.
Marketing temperature

Syarat promosi disesuaikan dengan level kedekatan market. Kebanyakan teknik ini menggunakan istilah marketing temperature. Level kedekatan market ini terbagi menjadi 3 market yaitu Cold Market, Warm Market, Hot Market. Di Global Marketing Concept, istilah ini sering dipakai dengan nama Classification of Sales Leads.

Tips Kreatif Promosi yang Baik supaya Jualannya Laku

Pernah gak Anda jualan udah berbusa-busa namun engga ada yang nyangkut. Udah nyebar BC setiap hari, blusukan ke grup, share di socmed, tetap tidak nyangkut. Apa yang terjadi yang sebetulnya?

Kemungkinan besar Anda menjual ke cold market, yaitu market yang belum mengenal Anda. Ilustrasinya seperti ini. Misal ada lawan jenis deketin Anda, tak kenal, tidak pernah ketemu akan tetapi tiba-tiba ngajak nikah (ngajak closing). Pasti ga bakal mau kan. Itu mirip Anda yang gak dikenal tetapi tiba-tiba jualan produk yang enggak dikenal dan ke market yang belum mengenal produk Anda. Itu yang dinamakan cold market.

Lalu apa itu warm market? Warm adalah market yang telah mengetahui produknya dan udah kenal penjualnya. Atau telah mulai percaya sedikit-sedikit. Gimana dengan hot market? hot market ialah karakter market yang udah mengetahui dan sudah pernah beli produk Anda sebelumnya. Sehingga si market telah ada trust.

Tips Kreatif Promosi yang Baik supaya Jualannya Laku

Jualan yang punya potensi closing adalah ke warm market. Dan paling gampang closing ialah jual ke hot market yang sudah benar-benar percaya. Apa yang Anda jual hampir pasti dibeli.

Catatan:

Jangan jualan ke cold market, sebab pasti sulit closing. Wajib diubah lebih dulu dari cold menjadi warm atau bahkan hot. Pertanyaannya: bagaimana mengubah cold jadi warm atau hot? Jawabannya Anda harus give, give dan give. Mengenalkan diri, bisa sharing, bisa kasih sesuatu yang bermanfaat, bangun interaksi dengan kolam Anda.

3. Bangun Kolam Prospek

Kata-kata promosi udah keren, penawaran sudah menarik, copywriting telah paling keren bahkan tiap hari pakai covert selling. namun tetap yang nyangkut closing sedikit. Jawabannya kemungkinan besar kolam prospek Anda engga banyak. Leads Anda kecil.

Tips Kreatif Promosi yang Baik supaya Jualannya Laku

Kalau ingin promosi yang Anda bikin sukses, langkah penting yang kudu dijalankan adalah harus mempunyai kolam yang besar. Kolam prospek adalah calon pembeli Anda. Calon prospek dalam sebuah database besar yang terus Anda bangun. Kolam itu tujuannya ialah membuat cold market jadi warm market.

Yang tadinya si market itu tak kenal Anda (cold) jadi kenal (warm). Contoh kolam itu seperti FB, IG, BBM, Grup WA, Telegram, Email dls. Kunci sukses biar promosi yang Anda buat sukses adalah memiliki kolam yang besar.

Perbesar Kolam

Contoh kolam yang besar :

  • minimal FB pribadi Anda 4000 teman,
  • Mempunyai Instagram minimal 5000 follower,
  • BBM kontak Anda minimal 5000 kontak,
  • Kontak WA yang tetarget seenggaknya 1000,
  • Kalau bisa mempunyai FB grup minimal 5000.

Tips Kreatif Promosi yang Baik supaya Jualannya Laku

Tetapi mohon dicatat, semua kolam harus yang sesuai target market Anda. Dan contoh kolam di atas yaitu untuk jualan online. Sedangkan untuk jualan offline kolam prospeknya yakni database yang Anda punyai dan pasukan penjualan yang dibikin.

Bila engga memiliki kolam prospek apakah gak bisa jualan? Jawabannya tentu bisa, tetapi jualannya enggak sebesar dan secepat yang punya kolam prospek. Mending jualannya satu biji atau 10 bahkan 100?

Karena mau gimana pun kolam prospek yakni kumpulan leads (calon prospek) yang Anda tumbuh kembangkan untuk nantinya disiapkan jadi pelanggan Anda. Boleh ga pakai kolam orang lain. Boleh saja asal produk Anda telah dikenal banget. Jika belum dikenal nanti bisa disebut spam.

Tips Kreatif Promosi yang Baik supaya Jualannya Laku

Satu catatan penting: Jangan asal spam, malah merusak nama atau brand Anda. Jikapun mau spam di grup orang wajib ijin atau japri admin dengan mengenalkan diri dan minta izin dulu. Atau kalau ingin jualan ya kudu japri. Jadi disaran tetap bangun kolam prospek sendiri.

Berapa lama ya bikin kolam prospek? Tergantung seberapa konsisten sharing Anda. Kolam prospek yang Anda bangun entah itu FB pribadi, WA, BBM dls, wajib Anda dorong dari cold jadi warm. Ingat, Anda harus sering sharing dan giving.

Nah, buat lebih mendalam mengenai cara bikin promosi yang berhasil coba baca buku Rahasia Membuat Promosi yang Menjual. Untuk membelinya bisa hubungi kami atau klik link di judul buku.

Sekian info berkaitan dengan Tips Kreatif Promosi yang Baik supaya Jualannya Laku, kami harap postingan ini membantu teman-teman semua. Tolong postingan ini disebarluaskan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Syarat Promosi Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *