Strategi Cara untuk Membuat Promosi yang Paling Efektif

[pgp_title]

Sekarang kami akan bahas berkaitan dengan Strategi Cara untuk Membuat Promosi yang Paling Efektif. Bikin promosi yang sukses itu tak cuma terkait dengan copywriting atau kata-kata paling bagus. Akan tetapi ada hal-hal lain yang wajib Anda punyai supaya promosi yang Anda lakukan bisa menjual. Dan tentu saja sukses mendatangkan transaksi. Berikut syarat penting atau rahasia supaya promosi Anda sukses yaitu produk bagus dan dipelukan; target market yang pas; serta punya kolam prospek.

Strategi Cara untuk Membuat Promosi yang Paling Efektif

Strategi Cara untuk Membuat Promosi yang Paling Efektif

Bila promosi Anda ga sukses ada kemungkinan salah satu hal tersebut belum Anda kerjakan. Bila Anda dapat memenuhi syarat ini, hampir pasti semua promosi yang Anda kerjakan berhasil. Ini penjelasan dari syarat wajib ini :

1. Produknya Berkualitas dan Dibutuhkan

Dari semua teknik promosi yang paling bagus sekalipun, poin ini adalah yang paling dasar. Promosi sekenceng apapun bila produknya enggak berkualitas, hasilnya malah blunder. Begini, kejadiannya adalah Anda mempromosikan sesuatu akan tetapi dianggapan pasar bahwa produk tersebut berkualitas enggak baik, hasilnya kemungkinan besar bakal enggak maksimum.

Berbicara promosi Anda akan berbicara tentang jangka panjang. Maka Anda harus perhatikan bahwa produk yang dijual emang berkualitas bagus. Untuk teman-teman reseller, pastikan mempunyai supplier yang menjual produk berkualitas. Seperti produk Smart Detox dari Synergy Worldwide. Dan pastikan produk yang Anda jual memang dibutuhkan market. Sebab bila menjual sesuatu yang sebenarnya kurang diperlukan pasar, mau Anda edukasi hingga jungkir balik jualannya pun gak bakal optimal.

Strategi Cara untuk Membuat Promosi yang Paling Efektif

2. Target Market yang Pas

Pada bagian ini kita bahas terkait dengan 2 poin penting yaitu target market dan level kedekatan. Ada hal yang lebih penting dari sebuah kalimat promosi yang keren. Jangan sampai salah target market. Target marketnya harus sesuai dengan produk yang dijual. Contoh,

  • Jualan buku bisnis, segmennya kudu ke wirausaha, agak sulit kalau ke karyawan. Kecuali ke karyawan yang niat memulai bisnis.
  • Jualan website company profile, segmennya bisa ke corporate.
  • Jual web toko online bisa ke pebisnis online.
  • Jualan herbal agak sulit untuk segmennya anak muda atau remaja. Jualan herbal lebih cocok untuk segmen dewasa.
Marketing temperature

Syarat promosi disesuaikan dengan level kedekatan market. Kebanyakan teknik ini menggunakan istilah marketing temperature. Level kedekatan market ini dibagi jadi tiga market yakni Cold Market, Warm Market, Hot Market. Di Global Marketing Concept, istilah ini sering dipakai dengan nama Classification of Sales Leads.

Strategi Cara untuk Membuat Promosi yang Paling Efektif

Pernah ga Anda jualan udah berbusa-busa tetapi gak ada yang nyangkut. Udah nyebar BC tiap hari, blusukan ke grup, share di sosial media, tetap kagak nyangkut. Apa yang terjadi yang sebetulnya?

Kemungkinan besar Anda menjual ke cold market, yaitu market yang belum mengenal Anda. Ilustrasinya seperti ini. Misal ada lawan jenis deketin Anda, engga kenal, tak pernah ketemu tetapi tiba-tiba ngajak nikah (ngajak closing). Pasti engga akan mau kan. Itu mirip Anda yang ga dikenal tapi tiba-tiba jualan produk yang tak dikenal dan ke market yang belum mengenal produk Anda. Itu yang dinamakan cold market.

Lalu apa itu warm market? Warm yakni market yang telah tahu produknya dan udah mengenal penjualnya. Alias sudah mulai percaya sedikit-sedikit. Bagaimana dengan hot market? hot market yaitu karakter market yang udah mengetahui dan udah pernah beli produk Anda sebelumnya. Sehingga si market sudah ada trust.

Strategi Cara untuk Membuat Promosi yang Paling Efektif

Jualan yang memiliki potensi closing yakni ke warm market. Dan paling gampang closing adalah jual ke hot market yang telah benar-benar percaya. Apa yang Anda jual hampir pasti dibeli.

Catatan:

Jangan jualan ke cold market, karena pasti susah closing. Perlu dirubah terlebih dahulu dari cold menjadi warm atau bahkan hot. Pertanyaannya: gimana merubah cold menjadi warm atau hot? Jawabannya Anda harus give, give dan give. Mengenalkan diri, bisa sharing, bisa kasih sesuatu yang bermanfaat, bangun interaksi dengan kolam Anda.

3. Membangun Kolam Prospek

Kata-kata promosi telah bagus, penawaran sudah menarik, copywriting udah paling keren bahkan setiap hari pakai covert selling. akan tetapi tetap yang nyangkut closing sedikit. Jawabannya kemungkinan besar kolam prospek Anda ga banyak. Leads Anda kecil.

Strategi Cara untuk Membuat Promosi yang Paling Efektif

Apabila ingin promosi yang Anda buat berhasil, langkah penting yang wajib dikerjakan yaitu kudu memiliki kolam yang besar. Kolam prospek yaitu calon pembeli Anda. Calon prospek dalam sebuah database besar yang terus Anda bangun. Kolam itu tujuannya yaitu bikin cold market menjadi warm market.

Yang tadinya si market itu tak kenal Anda (cold) jadi kenal (warm). Contoh kolam itu seperti FB, IG, BBM, Grup WA, Telegram, Email dan lain sebagainya. Kunci sukses supaya promosi yang Anda buat berhasil yakni memiliki kolam yang besar.

Perbesar Kolam

Contoh kolam yang besar :

  • minimal Facebook pribadi Anda 4000 friends,
  • Punya Instagram minimal 5000 follower,
  • BBM kontak Anda minimal 5000 kontak,
  • Kontak WA yang tetarget setidaknya 1000,
  • Kalau bisa mempunyai FB grup minimal 5000.

Strategi Cara untuk Membuat Promosi yang Paling Efektif

Tapi mohon dicatat, semua kolam harus yang sesuai target market Anda. Dan contoh kolam di atas merupakan buat jualan online. Sedangkan untuk jualan offline kolam prospeknya yakni database yang Anda punyai dan pasukan penjualan yang dibikin.

Jika tak punya kolam prospek apakah kagak bisa jualan? Jawabannya tentu bisa, tetapi jualannya enggak sebesar dan secepat yang memiliki kolam prospek. Mending jualannya satu biji atau 10 bahkan 100?

Karena mau gimana juga kolam prospek yakni kumpulan leads (calon prospek) yang Anda tumbuh kembangkan untuk nantinya dipersiapkan jadi pelanggan Anda. Boleh gak pakai kolam orang lain. Boleh aja asal produk Anda udah dikenal banget. Apabila belum dikenal nanti dapat disebut spam.

Strategi Cara untuk Membuat Promosi yang Paling Efektif

Satu catatan penting: Jangan asal spam, malah merusak nama atau brand Anda. Jikapun ingin spam di grup orang kudu ijin atau japri admin dengan memperkenalkan diri dan minta izin dulu. Atau jika mau jualan ya perlu japri. Jadi disaran tetap bangun kolam prospek sendiri.

Berapa lama ya buat kolam prospek? Tergantung seberapa konsisten sharing Anda. Kolam prospek yang Anda bangun entah itu FB pribadi, WA, BBM dst, perlu Anda dorong dari cold menjadi warm. Ingat, Anda wajib sering sharing dan giving.

Nah, untuk lebih mendalam seputar cara bikin promosi yang sukses coba baca buku Rahasia Membuat Promosi yang Menjual. Buat membelinya dapat hubungi kami atau klik link di judul buku.

Demikian info mengenai Strategi Cara untuk Membuat Promosi yang Paling Efektif, kami harap postingan ini mencerahkan sahabat semua. Tolong postingan ini dishare biar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Syarat Promosi Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *