Strategi Cara Promosi yang Menarik agar Usaha Sukses

Pembahasan kita kali ini ialah Strategi Cara Promosi yang Menarik agar Usaha Sukses. Membuat promosi yang berhasil itu tak cuma perihal copywriting atau kata-kata paling bagus. Tapi ada hal-hal lain yang wajib Anda miliki biar promosi yang Anda kerjakan bisa menjual. Dan tentu aja sukses mendatangkan transaksi. Berikut Beberapa syarat wajib atau rahasia biar promosi Anda berhasil yaitu produk bagus dan dipelukan; target market yang pas; serta punya kolam prospek.

Strategi Cara Promosi yang Menarik agar Usaha Sukses

Strategi Cara Promosi yang Menarik agar Usaha Sukses

Bila promosi Anda ga berhasil ada kemungkinan salah satu hal di atas belum Anda kerjakan. Jika Anda bisa memenuhi syarat ini, hampir pasti semua promosi yang Anda kerjakan berhasil. Berikut ini penjelasan dari syarat wajib ini :

1. Produknya Berkualitas dan Diperlukan

Dari semua teknik promosi yang paling keren sekalipun, poin ini ialah yang paling dasar. Promosi sekenceng apapun kalau produknya tidak berkualitas, hasilnya malah blunder. Begini, kejadiannya ialah Anda mempromosikan sesuatu tetapi dianggapan pasar bahwa produk tersebut bermutu enggak bagus, hasilnya kemungkinan besar akan enggak optimum.

Berbicara promosi Anda akan berbicara tentang jangka panjang. Maka Anda harus perhatikan bahwa produk yang dijual memang bermutu baik. Untuk teman-teman reseller, pastikan memiliki supplier yang menjual produk berkualitas. Dan pastikan produk yang Anda jual emang dibutuhkan market. Sebab bila menjual sesuatu yang sebetulnya kurang diperlukan pasar, mau Anda edukasi hingga jungkir balik jualannya juga tak bakal optimum.

Strategi Cara Promosi yang Menarik agar Usaha Sukses

2. Target Market yang Pas

Pada bagian ini kita bahas tentang 2 poin penting yakni target market dan level kedekatan. Ada hal yang lebih penting dari sebuah kalimat promosi yang keren. Jangan sampai salah target market. Target marketnya harus sesuai dengan produk yang dijual. Seperti,

  • Jualan buku bisnis, segmennya kudu ke entrepreneur, agak sulit jika ke karyawan. Kecuali ke karyawan yang niat membuka usaha.
  • Jualan web company profile, segmennya bisa ke corporate.
  • Jual website toko online bisa ke pebisnis online.
  • Jualan herbal agak susah untuk segmennya anak muda atau remaja. Jualan herbal lebih cocok untuk segmen dewasa.
Marketing temperature

Syarat promosi disesuaikan dengan level kedekatan market. Kebanyakan teknik ini menggunakan istilah marketing temperature. Level kedekatan market ini terbagi menjadi tiga market yakni Cold Market, Warm Market, Hot Market. Di Global Marketing Concept, istilah ini sering dipakai dengan nama Classification of Sales Leads.

Strategi Cara Promosi yang Menarik agar Usaha Sukses

Pernah tak Anda jualan sudah berbusa-busa akan tetapi enggak ada yang nyangkut. Udah nyebar BC setiap hari, blusukan ke grup, share di jejaring sosial, tetap enggak nyangkut. Apa yang terjadi yang sebenarnya?

Kemungkinan besar Anda menjual ke cold market, yaitu market yang belum mengenal Anda. Ilustrasinya berikut ini. Misal ada lawan jenis deketin Anda, tak kenal, kagak pernah ketemu akan tetapi tiba-tiba ngajak nikah (ngajak closing). Pasti ga akan mau kan. Itu mirip Anda yang engga dikenal akan tetapi tiba-tiba jualan produk yang gak dikenal dan ke market yang belum mengenal produk Anda. Itu yang dinamakan cold market.

Lalu apa itu warm market? Warm yakni market yang sudah tahu produknya dan sudah mengenal penjualnya. Alias sudah mulai percaya sedikit-sedikit. Bagaimana dengan hot market? hot market ialah karakter market yang telah mengetahui dan telah pernah beli produk Anda sebelumnya. Sehingga si market telah ada trust.

Strategi Cara Promosi yang Menarik agar Usaha Sukses

Jualan yang punya potensi closing yakni ke warm market. Dan paling mudah closing adalah jual ke hot market yang telah benar-benar percaya. Apa yang Anda jual hampir pasti dibeli.

Catatan:

Jangan jualan ke cold market, sebab pasti sulit closing. Perlu dirubah terlebih dulu dari cold jadi warm atau bahkan hot. Pertanyaannya: bagaimana merubah cold jadi warm atau hot? Jawabannya Anda kudu give, give dan give. Memperkenalkan diri, bisa sharing, bisa kasih sesuatu yang bermanfaat, bangun interaksi dengan kolam Anda.

3. Bangun Kolam Prospek

Kata-kata promosi udah keren, penawaran telah menarik, copywriting telah paling bagus bahkan tiap hari pakai covert selling. tapi tetap yang nyangkut closing sedikit. Jawabannya kemungkinan besar kolam prospek Anda gak banyak. Leads Anda kecil.

Strategi Cara Promosi yang Menarik agar Usaha Sukses

Jika mau promosi yang Anda bikin sukses, langkah penting yang perlu dijalankan ialah harus memiliki kolam yang besar. Kolam prospek yakni calon pembeli Anda. Calon prospek dalam sebuah database besar yang terus Anda bangun. Kolam itu tujuannya yakni membuat cold market menjadi warm market.

Yang tadinya si market itu engga mengenal Anda (cold) menjadi kenal (warm). Contoh kolam itu seperti FB, IG, BBM, Grup WA, Telegram, Email dls. Kunci sukses biar promosi yang Anda bikin sukses yakni memiliki kolam yang besar.

Perbesar Kolam

Contoh kolam yang besar :

  • minimal FB pribadi Anda 4000 friends,
  • Mempunyai Instagram minimal 5000 follower,
  • BBM kontak Anda minimal 5000 kontak,
  • Kontak WA yang tetarget setidaknya 1000,
  • Jika bisa mempunyai FB grup minimal 5000.

Strategi Cara Promosi yang Menarik agar Usaha Sukses

Akan tetapi mohon dicatat, semua kolam kudu yang sesuai target market Anda. Dan contoh kolam di atas adalah untuk jualan online. Sedangkan untuk jualan offline kolam prospeknya ialah database yang Anda punyai dan pasukan penjualan yang dibikin.

Apabila tak memiliki kolam prospek apakah enggak dapat jualan? Jawabannya tentu dapat, namun jualannya ga sebesar dan secepat yang mempunyai kolam prospek. Mending jualannya satu biji atau 10 bahkan 100?

Karena mau bagaimana juga kolam prospek yakni kumpulan leads (calon prospek) yang Anda tumbuh kembangkan untuk nantinya dipersiapkan menjadi pelanggan Anda. Boleh ga pakai kolam orang lain. Boleh saja asal produk Anda sudah dikenal banget. Bila belum dikenal nanti bisa disebut spam.

Strategi Cara Promosi yang Menarik agar Usaha Sukses

Satu catatan penting: Jangan asal spam, malah merusak nama atau brand Anda. Bilapun ingin spam di grup orang wajib ijin atau japri admin dengan mengenalkan diri dan minta ijin dulu. Atau kalau ingin jualan ya mesti japri. Jadi disaran tetap bangun kolam prospek sendiri.

Berapa lama ya buat kolam prospek? Tergantung seberapa konsisten sharing Anda. Kolam prospek yang Anda bangun entah itu FB pribadi, WA, BBM dsb, wajib Anda dorong dari cold jadi warm. Ingat, Anda harus sering sharing dan giving.

Nah, buat lebih mendalam seputar cara bikin promosi yang sukses coba baca buku Rahasia Membuat Promosi yang Menjual. Buat membelinya dapat hubungi kami atau klik link di judul buku.

Sekian informasi berkaitan dengan Strategi Cara Promosi yang Menarik agar Usaha Sukses, kami harap postingan kali ini mencerahkan sahabat semua. Mohon postingan ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Syarat Promosi Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *