Strategi Cara Promosi yang Gampang Kalian Terapkan Sehari-Hari

[pgp_title]

Pada kesempatan ini kami akan bahas berkaitan dengan Strategi Cara Promosi yang Gampang Kalian Terapkan Sehari-Hari. Bikin promosi yang berhasil itu enggak cuma seputar copywriting atau kata-kata paling bagus. Tetapi ada hal-hal lain yang wajib Anda punyai supaya promosi yang Anda jalankan dapat menjual. Dan tentu aja sukses mendatangkan transaksi. Berikut ini 3 syarat penting atau cara biar promosi Anda sukses yakni produk bagus dan dipelukan; target market yang pas; serta punya kolam prospek.

Strategi Cara Promosi yang Gampang Kalian Terapkan Sehari-Hari

Strategi Cara Promosi yang Gampang Kalian Terapkan Sehari-Hari

Kalau promosi Anda gak berhasil ada kemungkinan salah satu hal di atas belum Anda lakukan. Kalau Anda dapat memenuhi syarat ini, hampir pasti semua promosi yang Anda kerjakan sukses. Ini penjelasan dari ketiga syarat wajib ini :

1. Produknya Bermutu dan Dibutuhkan

Dari semua teknik promosi yang paling keren sekalipun, poin ini ialah yang paling dasar. Promosi sekencang apapun apabila produknya kagak bermutu, hasilnya malah blunder. Begini, kejadiannya adalah Anda mempromosikan sesuatu tetapi dianggapan pasar bahwa produk tersebut berkualitas engga bagus, hasilnya kemungkinan besar bakal kagak maksimum.

Berbicara promosi Anda bakal berbicara tentang jangka panjang. Maka Anda perlu perhatikan bahwa produk yang dijual emang bermutu bagus. Untuk teman-teman reseller, pastikan mempunyai supplier yang menjual produk berkualitas. Seperti produk Smart Detox dari Synergy Worldwide. Dan pastikan produk yang Anda jual emang diperlukan market. Sebab kalau menjual sesuatu yang sebenarnya kurang dibutuhkan pasar, mau Anda edukasi hingga jungkir balik jualannya juga engga akan optimum.

Strategi Cara Promosi yang Gampang Kalian Terapkan Sehari-Hari

2. Target Market yang Pas

Pada bagian ini kita bahas tentang dua poin utama yakni target market dan level kedekatan. Ada hal yang lebih utama dari sebuah kalimat promosi yang bagus. Jangan sampai salah target market. Target marketnya kudu sesuai dengan produk yang Anda jual. Misal,

  • Jualan buku bisnis, segmennya kudu ke wirausaha, agak sulit kalau ke karyawan. Kecuali ke karyawan yang niat memulai bisnis.
  • Jualan situs company profile, segmennya bisa ke corporate.
  • Jual web toko online bisa ke pebisnis online.
  • Jualan herbal agak susah buat segmennya anak muda atau remaja. Jualan herbal lebih cocok untuk segmen dewasa.
Marketing temperature

Syarat promosi disesuaikan dengan level kedekatan market. Rata-rata teknik ini menggunakan istilah marketing temperature. Level kedekatan market ini dibagi menjadi 3 market yakni Cold Market, Warm Market, Hot Market. Di Global Marketing Concept, istilah ini sering dipakai dengan nama Classification of Sales Leads.

Strategi Cara Promosi yang Gampang Kalian Terapkan Sehari-Hari

Pernah gak Anda jualan udah berbusa-busa namun tak ada yang nyangkut. Udah sebar BC setiap hari, blusukan ke grup, share di sosial media, tetap engga nyangkut. Apa yang terjadi yang sebetulnya?

Kemungkinan besar Anda menjual ke cold market, yakni market yang belum mengenal Anda. Ilustrasinya seperti ini. Misal ada lawan jenis deketin Anda, enggak kenal, tidak pernah ketemu namun tiba-tiba ngajak nikah (ngajak closing). Pasti tak bakal mau kan. Itu mirip Anda yang enggak dikenal akan tetapi tiba-tiba jualan produk yang gak dikenal dan ke market yang belum mengenal produk Anda. Itu yang dinamakan cold market.

Lalu apa itu warm market? Warm yakni market yang telah tahu produknya dan telah mengenal penjualnya. Atau telah mulai percaya sedikit-sedikit. Gimana dengan hot market? hot market yakni karakter market yang udah mengetahui dan sudah pernah beli produk Anda sebelumnya. Sehingga si market telah ada trust.

Strategi Cara Promosi yang Gampang Kalian Terapkan Sehari-Hari

Jualan yang mempunyai potensi closing ialah ke warm market. Dan paling gampang closing yaitu jual ke hot market yang udah benar-benar percaya. Apa yang Anda jual hampir pasti dibeli.

Catatan:

Jangan jualan ke cold market, karena pasti sulit closing. Mesti diubah lebih dulu dari cold jadi warm atau bahkan hot. Pertanyaannya: bagaimana mengubah cold jadi warm atau hot? Jawabannya Anda harus give, give dan give. Mengenalkan diri, bisa sharing, bisa kasih sesuatu yang bermanfaat, bangun interaksi dengan kolam Anda.

3. Membangun Kolam Prospek

Kata-kata promosi telah bagus, penawaran sudah menarik, copywriting udah paling keren bahkan setiap hari memakai covert selling. namun tetap yang nyangkut closing sedikit. Jawabannya kemungkinan besar kolam prospek Anda enggak banyak. Leads Anda kecil.

Strategi Cara Promosi yang Gampang Kalian Terapkan Sehari-Hari

Kalau mau promosi yang Anda buat sukses, langkah penting yang perlu dilakukan ialah harus memiliki kolam yang besar. Kolam prospek merupakan calon pembeli Anda. Calon prospek dalam sebuah database besar yang terus Anda bangun. Kolam itu tujuannya yaitu bikin cold market menjadi warm market.

Yang tadinya si market itu kagak mengenal Anda (cold) jadi kenal (warm). Contoh kolam itu seperti FB, IG, BBM, Grup WA, Telegram, Email dsb. Kunci sukses agar promosi yang Anda buat berhasil yakni memiliki kolam yang besar.

Perbesar Kolam

Contoh kolam yang besar :

  • minimal Facebook pribadi Anda 4000 friends,
  • Memiliki IG minimal 5000 follower,
  • BBM kontak Anda minimal 5000 kontak,
  • Kontak WA yang tetarget seengganya 1000,
  • Jika bisa mempunyai FB grup minimal 5000.

Strategi Cara Promosi yang Gampang Kalian Terapkan Sehari-Hari

Akan tetapi mohon dicatat, semua kolam mesti yang sesuai target market Anda. Dan contoh kolam di atas merupakan untuk jualan online. Sedangkan buat jualan offline kolam prospeknya merupakan database yang Anda punyai dan pasukan penjualan yang dibuat.

Kalau ga punya kolam prospek apakah tak dapat jualan? Jawabannya tentu dapat, namun jualannya gak sebesar dan secepat yang memiliki kolam prospek. Mending jualannya satu biji atau 10 bahkan 100?

Karena mau bagaimana pun kolam prospek yakni kumpulan leads (calon prospek) yang Anda tumbuh kembangkan buat nantinya disiapkan jadi pelanggan Anda. Boleh tak pakai kolam orang lain. Boleh saja asal produk Anda udah dikenal banget. Kalau belum dikenal nanti dapat disebut spam.

Strategi Cara Promosi yang Gampang Kalian Terapkan Sehari-Hari

Satu catatan penting: Jangan asal spam, malah merusak nama atau brand Anda. Jikapun mau spam di grup orang harus izin atau japri admin dengan mengenalkan diri dan minta izin dulu. Atau kalau mau jualan ya perlu japri. Jadi disaran tetap bangun kolam prospek sendiri.

Berapa lama ya bikin kolam prospek? Tergantung seberapa konsisten sharing Anda. Kolam prospek yang Anda bangun entah itu FB pribadi, WA, BBM dsb, harus Anda dorong dari cold jadi warm. Ingat, Anda wajib sering sharing dan giving.

Nah, untuk lebih mendalam berkaitan dengan cara membuat promosi yang berhasil coba baca buku Rahasia Membuat Promosi yang Menjual. Untuk membelinya dapat hubungi kami atau klik link di judul buku.

Demikian informasi berkaitan dengan Strategi Cara Promosi yang Gampang Kalian Terapkan Sehari-Hari, semoga post kali ini membantu sahabat semua. Mohon artikel ini diviralkan supaya semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Syarat Promosi Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *