Strategi Cara buat Promosi yang Ampuh

Pada kesempatan ini kami akan bahas berkaitan dengan Strategi Cara buat Promosi yang Ampuh. Bikin promosi yang berhasil itu gak hanya seputar copywriting atau kata-kata paling bagus. Tetapi ada hal-hal lain yang harus Anda punyai agar promosi yang Anda laksanakan bisa menjual. Dan tentu aja sukses mendatangkan transaksi. Berikut Beberapa syarat wajib atau rahasia supaya promosi Anda sukses yakni produk bagus dan dibutuhkan; target market yang pas; serta punya kolam prospek.

Strategi Cara buat  Promosi  yang Ampuh

Strategi Cara buat Promosi yang Ampuh

Kalau promosi Anda engga sukses ada kemungkinan salah satu hal tersebut belum Anda jalankan. Apabila Anda bisa memenuhi syarat ini, hampir pasti semua promosi yang Anda jalankan sukses. Berikut ini penjelasan dari ketiga syarat penting ini :

1. Produknya Bermutu dan Diperlukan

Dari semua teknik promosi yang paling bagus sekalipun, poin ini merupakan yang paling dasar. Promosi sekencang apapun bila produknya enggak bermutu, hasilnya malah blunder. Begini, kejadiannya adalah Anda mempromosikan sesuatu tetapi dianggapan pasar bahwa produk tersebut bermutu kurang baik, hasilnya kemungkinan besar akan ga maksimum.

Berbicara promosi Anda akan berbicara tentang jangka panjang. Maka Anda kudu perhatikan bahwa produk yang dijual emang berkualitas baik. Buat teman-teman reseller, pastikan punya supplier yang menjual produk bermutu. Dan pastikan produk yang Anda jual memang diperlukan market. Karena kalau menjual sesuatu yang sebenarnya kurang dibutuhkan pasar, mau Anda edukasi hingga jungkir balik jualannya juga kagak bakal maksimum.

Strategi Cara buat Promosi yang Ampuh

2. Target Market yang Pas

Pada bagian ini kita bahas tentang 2 poin penting yakni target market dan level kedekatan. Ada hal yang lebih utama dari sebuah kalimat promosi yang keren. Jangan sampai salah target market. Target marketnya mesti sesuai dengan produk yang dijual. Contoh,

  • Jualan buku bisnis, segmennya wajib ke entrepreneur, agak susah kalau ke karyawan. Kecuali ke karyawan yang niat memulai bisnis.
  • Jualan web company profile, segmennya bisa ke corporate.
  • Jual website toko online bisa ke pebisnis online.
  • Jualan herbal agak susah untuk segmennya anak muda atau remaja. Jualan herbal lebih cocok buat segmen dewasa.
Marketing temperature

Syarat promosi disesuaikan dengan level kedekatan market. Kebanyakan teknik ini memakai istilah marketing temperature. Level kedekatan market ini terbagi jadi tiga market yaitu Cold Market, Warm Market, Hot Market. Di Global Marketing Concept, istilah ini sering dipakai dengan nama Classification of Sales Leads.

Strategi Cara buat Promosi yang Ampuh

Pernah gak Anda jualan udah berbusa-busa tapi engga ada yang nyangkut. Sudah nyebar BC tiap hari, blusukan ke grup, share di sosial media, tetap enggak nyangkut. Apa yang terjadi yang sebenarnya?

Kemungkinan besar Anda menjual ke cold market, yakni market yang belum mengenal Anda. Ilustrasinya berikut ini. Misal ada lawan jenis deketin Anda, engga kenal, engga pernah ketemu akan tetapi tiba-tiba ngajak nikah (ngajak closing). Pasti enggak bakal mau kan. Itu mirip Anda yang enggak dikenal akan tetapi tiba-tiba jualan produk yang ga dikenal dan ke market yang belum mengenal produk Anda. Itu yang dinamakan cold market.

Lalu apa itu warm market? Warm merupakan market yang udah tahu produknya dan udah kenal penjualnya. Alias sudah mulai percaya sedikit-sedikit. Gimana dengan hot market? hot market yaitu karakter market yang udah mengetahui dan telah pernah beli produk Anda sebelumnya. Sehingga si market telah ada trust.

Strategi Cara buat Promosi yang Ampuh

Jualan yang punya potensi closing adalah ke warm market. Dan paling gampang closing ialah jual ke hot market yang sudah benar-benar percaya. Apa yang Anda jual hampir pasti dibeli.

Catatan:

Jangan jualan ke cold market, sebab pasti susah closing. Mesti diubah lebih dahulu dari cold menjadi warm atau bahkan hot. Pertanyaannya: gimana merubah cold jadi warm atau hot? Jawabannya Anda harus give, give dan give. Mengenalkan diri, bisa sharing, bisa kasih sesuatu yang bermanfaat, bangun interaksi dengan kolam Anda.

3. Bangun Kolam Prospek

Kata-kata promosi sudah bagus, penawaran telah menarik, copywriting sudah paling bagus bahkan setiap hari menggunakan covert selling. tetapi tetap yang nyangkut closing sedikit. Jawabannya kemungkinan besar kolam prospek Anda tidak banyak. Leads Anda kecil.

Strategi Cara buat Promosi yang Ampuh

Kalau mau promosi yang Anda bikin berhasil, langkah penting yang mesti dilaksanakan ialah wajib memiliki kolam yang besar. Kolam prospek adalah calon pembeli Anda. Calon prospek dalam sebuah database besar yang terus Anda bangun. Kolam itu tujuannya yaitu membuat cold market jadi warm market.

Yang tadinya si market itu kagak mengenal Anda (cold) menjadi kenal (warm). Contoh kolam itu seperti FB, IG, BBM, Grup WA, Telegram, Email dsb. Kunci sukses supaya promosi yang Anda bikin berhasil yaitu punya kolam yang besar.

Perbesar Kolam

Contoh kolam yang besar :

  • minimal Facebook pribadi Anda 4000 teman,
  • Memiliki Instagram minimal 5000 follower,
  • BBM kontak Anda minimal 5000 kontak,
  • Kontak WA yang tetarget seenggaknya 1000,
  • Apabila bisa punya FB grup minimal 5000.

Strategi Cara buat Promosi yang Ampuh

Akan tetapi mohon dicatat, semua kolam harus yang sesuai target market Anda. Dan contoh kolam di atas yaitu buat jualan online. Sedangkan buat jualan offline kolam prospeknya yaitu database yang Anda punyai dan pasukan penjualan yang dibuat.

Kalau engga memiliki kolam prospek apakah tidak bisa jualan? Jawabannya tentu bisa, akan tetapi jualannya engga sebesar dan secepat yang mempunyai kolam prospek. Mending jualannya satu biji atau 10 bahkan 100?

Karena mau gimana pun kolam prospek ialah kumpulan leads (calon prospek) yang Anda tumbuh kembangkan untuk nantinya disiapkan jadi pelanggan Anda. Boleh gak pakai kolam orang lain. Boleh saja asal produk Anda telah dikenal banget. Kalau belum dikenal nanti dapat disebut spam.

Strategi Cara buat Promosi yang Ampuh

Satu catatan penting: Jangan asal spam, malah merusak nama atau brand Anda. Apabilapun ingin spam di grup orang harus ijin atau japri admin dengan mengenalkan diri dan minta ijin dulu. Atau apabila mau jualan ya kudu japri. Jadi disaran tetap bangun kolam prospek sendiri.

Berapa lama ya buat kolam prospek? Tergantung seberapa konsisten sharing Anda. Kolam prospek yang Anda bangun entah itu FB pribadi, WA, BBM dll, harus Anda dorong dari cold menjadi warm. Ingat, Anda wajib sering sharing dan giving.

Nah, buat lebih mendalam tentang cara membuat promosi yang berhasil coba baca buku Rahasia Membuat Promosi yang Menjual. Untuk membelinya dapat hubungi kami atau klik link di judul buku.

Sekian info tentang Strategi Cara buat Promosi yang Ampuh, kami harap artikel ini berguna untuk kalian. Kami berharap postingan ini diviralkan agar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Syarat Promosi Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *