Siasat Mudah Promosi yang Efektif buat Meningkatkan Penjualan

[pgp_title]

Topik kita kali ini yaitu Siasat Mudah Promosi yang Efektif buat Meningkatkan Penjualan. Membuat promosi yang berhasil itu kagak hanya berkaitan dengan copywriting atau kata-kata paling keren. Akan tetapi ada hal-hal lain yang perlu Anda miliki biar promosi yang Anda laksanakan dapat menjual. Dan tentu saja sukses mendatangkan transaksi. Berikut 3 syarat wajib atau cara supaya promosi Anda berhasil yaitu produk bagus dan dipelukan; target market yang pas; serta punya kolam prospek.

Siasat Mudah Promosi yang Efektif buat Meningkatkan Penjualan

Siasat Mudah Promosi yang Efektif buat Meningkatkan Penjualan

Apabila promosi Anda tak sukses ada kemungkinan salah satu hal di atas belum Anda jalankan. Kalau Anda dapat memenuhi syarat ini, hampir pasti semua promosi yang Anda jalankan sukses. Ini penjelasan dari ketiga syarat wajib ini :

1. Produknya Berkualitas dan Diperlukan

Dari semua teknik promosi yang paling bagus sekalipun, poin ini adalah yang paling dasar. Promosi sekenceng apapun jika produknya tidak bermutu, hasilnya malah blunder. Begini, kejadiannya adalah Anda mempromosikan sesuatu namun dianggapan pasar bahwa produk tersebut bermutu tidak bagus, hasilnya kemungkinan besar bakal tidak optimal.

Berbicara promosi Anda akan berbicara tentang jangka panjang. Maka Anda mesti perhatikan bahwa produk yang dijual emang bermutu bagus. Buat teman-teman reseller, pastikan mempunyai supplier yang menjual produk bermutu. Seperti produk Smart Detox dari Synergy Worldwide. Dan pastikan produk yang Anda jual memang diperlukan market. Karena apabila menjual sesuatu yang sebetulnya kurang diperlukan pasar, mau Anda edukasi sampai jungkir balik jualannya juga enggak akan optimal.

Siasat Mudah Promosi yang Efektif buat Meningkatkan Penjualan

2. Target Market yang Pas

Pada bagian ini kita bahas tentang 2 poin utama yakni target market dan level kedekatan. Ada hal yang lebih penting dari sebuah kalimat promosi yang bagus. Jangan sampai salah target market. Target marketnya kudu sesuai dengan produk yang Anda jual. Contoh,

  • Jualan buku bisnis, segmennya kudu ke wirausaha, agak susah apabila ke karyawan. Kecuali ke karyawan yang niat memulai bisnis.
  • Jualan situs company profile, segmennya bisa ke corporate.
  • Jual website online shop bisa ke pebisnis online.
  • Jualan herbal agak sulit untuk segmennya anak muda atau remaja. Jualan herbal lebih cocok buat segmen dewasa.
Marketing temperature

Syarat promosi disesuaikan dengan level kedekatan market. Kebanyakan teknik ini memakai istilah marketing temperature. Level kedekatan market ini terbagi jadi 3 market yaitu Cold Market, Warm Market, Hot Market. Di Global Marketing Concept, istilah ini sering dipakai dengan nama Classification of Sales Leads.

Siasat Mudah Promosi yang Efektif buat Meningkatkan Penjualan

Pernah ga Anda jualan telah berbusa-busa tetapi enggak ada yang nyangkut. Udah sebar BC tiap hari, blusukan ke grup, share di socmed, tetap ga nyangkut. Apa yang terjadi yang sebenarnya?

Kemungkinan besar Anda menjual ke cold market, yakni market yang belum mengenal Anda. Ilustrasinya seperti ini. Misal ada lawan jenis deketin Anda, engga kenal, tidak pernah ketemu tapi tiba-tiba ngajak nikah (ngajak closing). Pasti engga bakal mau kan. Itu mirip Anda yang kagak dikenal tetapi tiba-tiba jualan produk yang kagak dikenal dan ke market yang belum mengenal produk Anda. Itu yang dinamakan cold market.

Lalu apa itu warm market? Warm adalah market yang udah tahu produknya dan udah kenal penjualnya. Atau udah mulai percaya sedikit-sedikit. Gimana dengan hot market? hot market adalah karakter market yang sudah mengetahui dan sudah pernah beli produk Anda sebelumnya. Sehingga si market sudah ada trust.

Siasat Mudah Promosi yang Efektif buat Meningkatkan Penjualan

Jualan yang memiliki potensi closing ialah ke warm market. Dan paling gampang closing yakni jual ke hot market yang telah benar-benar percaya. Apa yang Anda jual hampir pasti dibeli.

Catatan:

Jangan jualan ke cold market, sebab pasti susah closing. Mesti dirubah terlebih dulu dari cold jadi warm atau bahkan hot. Pertanyaannya: gimana mengubah cold jadi warm atau hot? Jawabannya Anda kudu give, give dan give. Mengenalkan diri, bisa sharing, bisa kasih sesuatu yang bermanfaat, bangun interaksi dengan kolam Anda.

3. Bangun Kolam Prospek

Kata-kata promosi telah keren, penawaran telah menarik, copywriting telah paling keren bahkan tiap hari memakai covert selling. tetapi tetap yang nyangkut closing sedikit. Jawabannya kemungkinan besar kolam prospek Anda tidak banyak. Leads Anda kecil.

Siasat Mudah Promosi yang Efektif buat Meningkatkan Penjualan

Jika ingin promosi yang Anda bikin berhasil, langkah penting yang harus dijalankan adalah harus memiliki kolam yang besar. Kolam prospek merupakan calon pembeli Anda. Calon prospek dalam sebuah database besar yang terus Anda bangun. Kolam itu tujuannya yakni membuat cold market menjadi warm market.

Yang tadinya si market itu gak mengenal Anda (cold) jadi kenal (warm). Contoh kolam itu seperti FB, IG, BBM, Grup WA, Telegram, Email dst. Kunci sukses biar promosi yang Anda buat sukses adalah mempunyai kolam yang besar.

Perbesar Kolam

Contoh kolam yang besar :

  • minimal FB pribadi Anda 4000 friends,
  • Memiliki IG minimal 5000 follower,
  • BBM kontak Anda minimal 5000 kontak,
  • Kontak WA yang tetarget seenggaknya 1000,
  • Kalau bisa memiliki FB grup minimal 5000.

Siasat Mudah Promosi yang Efektif buat Meningkatkan Penjualan

Akan tetapi mohon dicatat, semua kolam mesti yang sesuai target market Anda. Dan contoh kolam di atas ialah untuk jualan online. Sedangkan buat jualan offline kolam prospeknya adalah database yang Anda miliki dan pasukan penjualan yang dibuat.

Jika gak memiliki kolam prospek apakah enggak bisa jualan? Jawabannya tentu dapat, tetapi jualannya kagak sebesar dan secepat yang mempunyai kolam prospek. Mending jualannya satu biji atau 10 bahkan 100?

Karena mau gimana pun kolam prospek adalah kumpulan leads (calon prospek) yang Anda tumbuh kembangkan untuk nantinya dipersiapkan jadi pelanggan Anda. Boleh tidak pakai kolam orang lain. Boleh saja asal produk Anda sudah dikenal banget. Jika belum dikenal nanti dapat disebut spam.

Siasat Mudah Promosi yang Efektif buat Meningkatkan Penjualan

Satu catatan penting: Jangan asal spam, malah merusak nama atau brand Anda. Bilapun mau spam di grup orang mesti izin atau japri admin dengan mengenalkan diri dan minta ijin dulu. Atau apabila mau jualan ya wajib japri. Jadi disaran tetap bangun kolam prospek sendiri.

Berapa lama ya bikin kolam prospek? Tergantung seberapa konsisten sharing Anda. Kolam prospek yang Anda bangun entah itu FB pribadi, WA, BBM dst, kudu Anda dorong dari cold jadi warm. Ingat, Anda mesti sering sharing dan giving.

Nah, untuk lebih mendalam berkaitan dengan cara membuat promosi yang sukses coba baca buku Rahasia Membuat Promosi yang Menjual. Buat membelinya dapat hubungi kami atau klik link di judul buku.

Sekian info perihal Siasat Mudah Promosi yang Efektif buat Meningkatkan Penjualan, kami harap postingan ini mencerahkan sahabat semua. Mohon postingan ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Syarat Promosi Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *