Promosi secara Efektif biar Jualan Teman-Teman Laku Keras

Di postingan ini kami akan jelaskan perihal Promosi secara Efektif biar Jualan Teman-Teman Laku Keras. Bikin promosi yang sukses itu tidak hanya seputar copywriting atau kata-kata paling keren. Namun ada hal-hal lain yang wajib Anda miliki agar promosi yang Anda jalankan dapat menjual. Dan tentu saja sukses mendatangkan transaksi. Berikut ini Beberapa syarat wajib atau rahasia biar promosi Anda sukses yakni produk bagus dan dibutuhkan; target market yang pas; serta punya kolam prospek.

Promosi secara Efektif biar Jualan Teman-Teman Laku Keras

Promosi secara Efektif biar Jualan Teman-Teman Laku Keras

Kalau promosi Anda gak berhasil ada kemungkinan salah satu hal di atas belum Anda lakukan. Apabila Anda bisa memenuhi syarat ini, hampir pasti semua promosi yang Anda laksanakan sukses. Ini penjelasan dari ketiga syarat wajib ini :

1. Produknya Berkualitas dan Dibutuhkan

Dari semua teknik promosi yang paling keren sekalipun, poin ini adalah yang paling dasar. Promosi sekencang apapun apabila produknya kagak berkualitas, hasilnya malah blunder. Begini, kejadiannya adalah Anda mempromosikan sesuatu namun dianggapan pasar bahwa produk tersebut bermutu tidak bagus, hasilnya kemungkinan besar bakal enggak optimal.

Berbicara promosi Anda akan berbicara tentang jangka panjang. Maka Anda harus perhatikan bahwa produk yang dijual emang bermutu baik. Buat teman-teman reseller, pastikan mempunyai supplier yang menjual produk berkualitas. Dan pastikan produk yang Anda jual emang diperlukan market. Sebab kalau menjual sesuatu yang sebenarnya kurang dibutuhkan pasar, mau Anda edukasi hingga jungkir balik jualannya pun engga bakal optimal.

Promosi secara Efektif biar Jualan Teman-Teman Laku Keras

2. Target Market yang Pas

Pada bagian ini kita bahas seputar dua poin utama yaitu target market dan level kedekatan. Ada hal yang lebih penting dari sebuah kalimat promosi yang bagus. Jangan sampai salah target market. Target marketnya mesti sesuai dengan produk yang dijual. Contoh,

  • Jualan buku bisnis, segmennya kudu ke pengusaha, agak susah jika ke karyawan. Kecuali ke karyawan yang niat membuka usaha.
  • Jualan website company profile, segmennya bisa ke corporate.
  • Jual website online shop bisa ke pebisnis online.
  • Jualan herbal agak susah buat segmennya anak muda atau remaja. Jualan herbal lebih cocok buat segmen dewasa.
Marketing temperature

Syarat promosi disesuaikan dengan level kedekatan market. Kebanyakan teknik ini menggunakan istilah marketing temperature. Level kedekatan market ini dibagi menjadi tiga market yakni Cold Market, Warm Market, Hot Market. Di Global Marketing Concept, istilah ini sering dipakai dengan nama Classification of Sales Leads.

Promosi secara Efektif biar Jualan Teman-Teman Laku Keras

Pernah tak Anda jualan telah berbusa-busa akan tetapi tidak ada yang nyangkut. Udah nyebar BC tiap hari, blusukan ke grup, share di jejaring sosial, tetap ga nyangkut. Apa yang terjadi yang sebetulnya?

Kemungkinan besar Anda menjual ke cold market, yakni market yang belum mengenal Anda. Ilustrasinya berikut ini. Misal ada lawan jenis deketin Anda, enggak kenal, tak pernah ketemu akan tetapi tiba-tiba ngajak nikah (ngajak closing). Pasti engga bakal mau kan. Itu mirip Anda yang engga dikenal akan tetapi tiba-tiba jualan produk yang enggak dikenal dan ke market yang belum mengenal produk Anda. Itu yang dinamakan cold market.

Lalu apa itu warm market? Warm adalah market yang udah mengetahui produknya dan udah kenal penjualnya. Atau telah mulai percaya sedikit-sedikit. Gimana dengan hot market? hot market yakni karakter market yang telah mengetahui dan udah pernah beli produk Anda sebelumnya. Sehingga si market telah ada trust.

Promosi secara Efektif biar Jualan Teman-Teman Laku Keras

Jualan yang mempunyai potensi closing yakni ke warm market. Dan paling mudah closing yaitu jual ke hot market yang udah benar-benar percaya. Apa yang Anda jual hampir pasti dibeli.

Catatan:

Jangan jualan ke cold market, karena pasti susah closing. Wajib dirubah terlebih dahulu dari cold menjadi warm atau bahkan hot. Pertanyaannya: bagaimana mengubah cold jadi warm atau hot? Jawabannya Anda wajib give, give dan give. Mengenalkan diri, bisa sharing, bisa kasih sesuatu yang bermanfaat, bangun interaksi dengan kolam Anda.

3. Membangun Kolam Prospek

Kata-kata promosi udah bagus, penawaran udah menarik, copywriting telah paling keren bahkan setiap hari pakai covert selling. namun tetap yang nyangkut closing sedikit. Jawabannya kemungkinan besar kolam prospek Anda engga banyak. Leads Anda kecil.

Promosi secara Efektif biar Jualan Teman-Teman Laku Keras

Apabila ingin promosi yang Anda bikin sukses, langkah penting yang harus dikerjakan yakni wajib punya kolam yang besar. Kolam prospek yaitu calon pembeli Anda. Calon prospek dalam sebuah database besar yang terus Anda bangun. Kolam itu tujuannya adalah membuat cold market menjadi warm market.

Yang tadinya si market itu gak mengenal Anda (cold) jadi kenal (warm). Contoh kolam itu seperti FB, IG, BBM, Grup WA, Telegram, Email dsb. Kunci sukses agar promosi yang Anda bikin sukses ialah memiliki kolam yang besar.

Perbesar Kolam

Contoh kolam yang besar :

  • minimal FB pribadi Anda 4000 friends,
  • Punya Instagram minimal 5000 follower,
  • BBM kontak Anda minimal 5000 kontak,
  • Kontak WA yang tetarget seenggaknya 1000,
  • Jika bisa memiliki FB grup minimal 5000.

Promosi secara Efektif biar Jualan Teman-Teman Laku Keras

Tapi mohon dicatat, semua kolam mesti yang sesuai target market Anda. Dan contoh kolam di atas merupakan untuk jualan online. Sedangkan buat jualan offline kolam prospeknya adalah database yang Anda punyai dan pasukan penjualan yang dibikin.

Bila enggak memiliki kolam prospek apakah ga bisa jualan? Jawabannya tentu bisa, tapi jualannya kagak sebesar dan secepat yang memiliki kolam prospek. Mending jualannya satu biji atau 10 bahkan 100?

Karena mau bagaimana juga kolam prospek adalah kumpulan leads (calon prospek) yang Anda tumbuh kembangkan buat nantinya disiapkan jadi pelanggan Anda. Boleh tidak pakai kolam orang lain. Boleh saja asal produk Anda telah dikenal banget. Jika belum dikenal nanti bisa disebut spam.

Promosi secara Efektif biar Jualan Teman-Teman Laku Keras

Satu catatan penting: Jangan asal spam, malah merusak nama atau brand Anda. Apabilapun mau spam di grup orang mesti izin atau japri admin dengan mengenalkan diri dan minta izin dulu. Atau kalau ingin jualan ya mesti japri. Jadi disaran tetap bangun kolam prospek sendiri.

Berapa lama ya buat kolam prospek? Tergantung seberapa konsisten sharing Anda. Kolam prospek yang Anda bangun entah itu FB pribadi, WA, BBM dsb, wajib Anda dorong dari cold jadi warm. Ingat, Anda harus sering sharing dan giving.

Nah, untuk lebih mendalam mengenai cara bikin promosi yang sukses coba baca buku Rahasia Membuat Promosi yang Menjual. Untuk membelinya dapat hubungi kami atau klik link di judul buku.

Sekian informasi seputar Promosi secara Efektif biar Jualan Teman-Teman Laku Keras, kami harap artikel kali ini mencerahkan Anda. Kami berharap post ini disebarluaskan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Syarat Promosi Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *