Promosi Produk yang Efektif agar Jualannya Laku

[pgp_title]

Pembahasan kita sekarang adalah Promosi Produk yang Efektif agar Jualannya Laku. Bikin promosi yang berhasil itu engga hanya seputar copywriting atau kata-kata paling keren. Akan tetapi ada hal-hal lain yang harus Anda punyai supaya promosi yang Anda kerjakan dapat menjual. Dan tentu aja berhasil mendatangkan transaksi. Berikut ini syarat wajib atau cara biar promosi Anda berhasil yaitu produk bagus dan dibutuhkan; target market yang pas; serta punya kolam prospek.

Promosi Produk yang Efektif agar Jualannya Laku

Promosi Produk yang Efektif agar Jualannya Laku

Jika promosi Anda ga berhasil ada kemungkinan salah satu hal di atas belum Anda kerjakan. Bila Anda bisa memenuhi syarat ini, hampir pasti semua promosi yang Anda kerjakan berhasil. Ini penjelasan dari ketiga syarat penting ini :

1. Produknya Bermutu dan Diperlukan

Dari semua teknik promosi yang paling keren sekalipun, poin ini yaitu yang paling dasar. Promosi sekenceng apapun jika produknya tidak bermutu, hasilnya malah blunder. Begini, kejadiannya adalah Anda mempromosikan sesuatu namun dianggapan pasar bahwa produk tersebut bermutu tak bagus, hasilnya kemungkinan besar bakal tak maksimum.

Berbicara promosi Anda akan berbicara tentang jangka panjang. Maka Anda perlu perhatikan bahwa produk yang dijual emang bermutu bagus. Buat teman-teman reseller, pastikan punya supplier yang menjual produk bermutu. Seperti produk Smart Detox dari Synergy Worldwide. Dan pastikan produk yang Anda jual emang diperlukan market. Karena bila menjual sesuatu yang sebetulnya kurang dibutuhkan pasar, mau Anda edukasi sampai jungkir balik jualannya juga gak bakal maksimum.

Promosi Produk yang Efektif agar Jualannya Laku

2. Target Market yang Pas

Pada bagian ini kita bahas mengenai 2 poin penting yakni target market dan level kedekatan. Ada hal yang lebih penting dari sebuah kalimat promosi yang keren. Jangan sampai salah target market. Target marketnya mesti sesuai dengan produk yang dijual. Contoh,

  • Jualan buku bisnis, segmennya mesti ke pengusaha, agak sulit apabila ke karyawan. Kecuali ke karyawan yang niat membuka bisnis.
  • Jualan website company profile, segmennya bisa ke corporate.
  • Jual website online shop bisa ke pebisnis online.
  • Jualan herbal agak susah untuk segmennya anak muda atau remaja. Jualan herbal lebih cocok buat segmen dewasa.
Marketing temperature

Syarat promosi disesuaikan dengan level kedekatan market. Rata-rata teknik ini menggunakan istilah marketing temperature. Level kedekatan market ini terbagi menjadi tiga market yakni Cold Market, Warm Market, Hot Market. Di Global Marketing Concept, istilah ini sering dipakai dengan nama Classification of Sales Leads.

Promosi Produk yang Efektif agar Jualannya Laku

Pernah gak Anda jualan udah berbusa-busa namun tak ada yang nyangkut. Sudah sebar BC setiap hari, blusukan ke grup, share di socmed, tetap tak nyangkut. Apa yang terjadi yang sebenarnya?

Kemungkinan besar Anda menjual ke cold market, yakni market yang belum mengenal Anda. Ilustrasinya seperti ini. Misal ada lawan jenis deketin Anda, gak kenal, tak pernah ketemu tetapi tiba-tiba ngajak nikah (ngajak closing). Pasti engga akan mau kan. Itu mirip Anda yang ga dikenal akan tetapi tiba-tiba jualan produk yang gak dikenal dan ke market yang belum mengenal produk Anda. Itu yang dinamakan cold market.

Lalu apa itu warm market? Warm merupakan market yang telah tahu produknya dan udah kenal penjualnya. Alias telah mulai percaya sedikit-sedikit. Gimana dengan hot market? hot market adalah karakter market yang sudah tahu dan telah pernah beli produk Anda sebelumnya. Sehingga si market udah ada trust.

Promosi Produk yang Efektif agar Jualannya Laku

Jualan yang punya potensi closing yaitu ke warm market. Dan paling mudah closing yakni jual ke hot market yang udah benar-benar percaya. Apa yang Anda jual hampir pasti dibeli.

Catatan:

Jangan jualan ke cold market, karena pasti susah closing. Mesti dirubah lebih dulu dari cold jadi warm atau bahkan hot. Pertanyaannya: gimana mengubah cold jadi warm atau hot? Jawabannya Anda perlu give, give dan give. Memperkenalkan diri, bisa sharing, bisa kasih sesuatu yang bermanfaat, bangun interaksi dengan kolam Anda.

3. Bangun Kolam Prospek

Kata-kata promosi udah bagus, penawaran sudah menarik, copywriting telah paling bagus bahkan tiap hari menggunakan covert selling. tetapi tetap yang nyangkut closing sedikit. Jawabannya kemungkinan besar kolam prospek Anda enggak banyak. Leads Anda kecil.

Promosi Produk yang Efektif agar Jualannya Laku

Bila mau promosi yang Anda bikin berhasil, langkah penting yang wajib dilaksanakan yaitu harus mempunyai kolam yang besar. Kolam prospek ialah calon pembeli Anda. Calon prospek dalam sebuah database besar yang terus Anda bangun. Kolam itu tujuannya yakni membuat cold market jadi warm market.

Yang tadinya si market itu kagak mengenal Anda (cold) jadi kenal (warm). Contoh kolam itu seperti FB, IG, BBM, Grup WA, Telegram, Email dsb. Kunci sukses agar promosi yang Anda buat sukses yaitu mempunyai kolam yang besar.

Perbesar Kolam

Contoh kolam yang besar :

  • minimal FB pribadi Anda 4000 teman,
  • Punya Instagram minimal 5000 follower,
  • BBM kontak Anda minimal 5000 kontak,
  • Kontak WA yang tetarget setidaknya 1000,
  • Bila bisa punya FB grup minimal 5000.

Promosi Produk yang Efektif agar Jualannya Laku

Tetapi mohon dicatat, semua kolam kudu yang sesuai target market Anda. Dan contoh kolam di atas yakni buat jualan online. Sedangkan untuk jualan offline kolam prospeknya yakni database yang Anda punyai dan pasukan penjualan yang dibuat.

Kalau ga memiliki kolam prospek apakah gak bisa jualan? Jawabannya tentu bisa, akan tetapi jualannya engga sebesar dan secepat yang mempunyai kolam prospek. Mending jualannya satu biji atau 10 bahkan 100?

Karena mau bagaimana pun kolam prospek yaitu kumpulan leads (calon prospek) yang Anda tumbuh kembangkan buat nantinya dipersiapkan menjadi pelanggan Anda. Boleh tidak pakai kolam orang lain. Boleh saja asal produk Anda telah dikenal banget. Kalau belum dikenal nanti dapat disebut spam.

Promosi Produk yang Efektif agar Jualannya Laku

Satu catatan penting: Jangan asal spam, malah merusak nama atau brand Anda. Apabilapun ingin spam di grup orang mesti ijin atau japri admin dengan memperkenalkan diri dan minta ijin dulu. Atau jika ingin jualan ya mesti japri. Jadi disaran tetap bangun kolam prospek sendiri.

Berapa lama ya buat kolam prospek? Tergantung seberapa konsisten sharing Anda. Kolam prospek yang Anda bangun entah itu FB pribadi, WA, BBM dll, harus Anda dorong dari cold menjadi warm. Ingat, Anda mesti sering sharing dan giving.

Nah, untuk lebih mendalam perihal cara bikin promosi yang berhasil coba baca buku Rahasia Membuat Promosi yang Menjual. Untuk membelinya bisa hubungi kami atau klik link di judul buku.

Demikian info terkait dengan Promosi Produk yang Efektif agar Jualannya Laku, kami harap artikel ini mencerahkan kawan-kawan semua. Kami berharap artikel ini disebarluaskan agar semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Syarat Promosi Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *