Promosi paling Ampuh agar Mudah Diterima

[pgp_title]

Topik kita kali ini adalah Promosi paling Ampuh agar Mudah Diterima. Membuat promosi yang sukses itu engga hanya perihal copywriting atau kata-kata paling bagus. Tetapi ada hal-hal lain yang wajib Anda punyai supaya promosi yang Anda jalankan bisa menjual. Dan tentu aja berhasil mendatangkan transaksi. Berikut Beberapa syarat wajib atau cara biar promosi Anda sukses yaitu produk bagus dan dibutuhkan; target market yang pas; serta punya kolam prospek.

Promosi  paling Ampuh agar Mudah Diterima

Promosi paling Ampuh agar Mudah Diterima

Jika promosi Anda gak berhasil ada kemungkinan salah satu hal tersebut belum Anda jalankan. Apabila Anda bisa memenuhi syarat ini, hampir pasti semua promosi yang Anda lakukan sukses. Ini penjelasan dari syarat wajib ini :

1. Produknya Berkualitas dan Dibutuhkan

Dari semua teknik promosi yang paling bagus sekalipun, poin ini ialah yang paling dasar. Promosi sekenceng apapun bila produknya tidak berkualitas, hasilnya malah blunder. Begini, kejadiannya yakni Anda mempromosikan sesuatu akan tetapi dianggapan pasar bahwa produk tersebut bermutu ga baik, hasilnya kemungkinan besar bakal tidak maksimum.

Berbicara promosi Anda akan berbicara tentang jangka panjang. Maka Anda wajib perhatikan bahwa produk yang dijual memang berkualitas bagus. Bagi teman-teman reseller, pastikan punya supplier yang menjual produk bermutu. Seperti produk Smart Detox dari Synergy Worldwide. Dan pastikan produk yang Anda jual emang dibutuhkan market. Sebab kalau menjual sesuatu yang sebenarnya kurang diperlukan pasar, mau Anda edukasi hingga jungkir balik jualannya juga ga bakal optimum.

Promosi paling Ampuh agar Mudah Diterima

2. Target Market yang Pas

Pada bagian ini kita bahas tentang 2 poin utama yaitu target market dan level kedekatan. Ada hal yang lebih utama dari sebuah kalimat promosi yang bagus. Jangan sampai salah target market. Target marketnya wajib sesuai dengan produk yang Anda jual. Seperti,

  • Jualan buku bisnis, segmennya mesti ke pebisnis, agak susah apabila ke karyawan. Kecuali ke karyawan yang niat memulai usaha.
  • Jualan website company profile, segmennya bisa ke corporate.
  • Jual situs toko online bisa ke pebisnis online.
  • Jualan herbal agak susah untuk segmennya anak muda atau remaja. Jualan herbal lebih cocok untuk segmen dewasa.
Marketing temperature

Syarat promosi disesuaikan dengan level kedekatan market. Rata-rata teknik ini pakai istilah marketing temperature. Level kedekatan market ini dibagi menjadi tiga market yakni Cold Market, Warm Market, Hot Market. Di Global Marketing Concept, istilah ini sering dipakai dengan nama Classification of Sales Leads.

Promosi paling Ampuh agar Mudah Diterima

Pernah tak Anda jualan telah berbusa-busa tapi ga ada yang nyangkut. Telah sebar BC setiap hari, blusukan ke grup, share di medsos, tetap tidak nyangkut. Apa yang terjadi yang sebetulnya?

Kemungkinan besar Anda menjual ke cold market, yaitu market yang belum mengenal Anda. Ilustrasinya berikut ini. Misal ada lawan jenis deketin Anda, kagak kenal, tak pernah ketemu tapi tiba-tiba ngajak nikah (ngajak closing). Pasti tak bakal mau kan. Itu mirip Anda yang tak dikenal tetapi tiba-tiba jualan produk yang tak dikenal dan ke market yang belum mengenal produk Anda. Itu yang dinamakan cold market.

Lalu apa itu warm market? Warm ialah market yang sudah mengetahui produknya dan sudah kenal penjualnya. Alias sudah mulai percaya sedikit-sedikit. Gimana dengan hot market? hot market adalah karakter market yang telah mengetahui dan telah pernah beli produk Anda sebelumnya. Sehingga si market telah ada trust.

Promosi paling Ampuh agar Mudah Diterima

Jualan yang punya potensi closing yakni ke warm market. Dan paling gampang closing ialah jual ke hot market yang telah benar-benar percaya. Apa yang Anda jual hampir pasti dibeli.

Catatan:

Jangan jualan ke cold market, sebab pasti sulit closing. Harus diubah lebih dulu dari cold jadi warm atau bahkan hot. Pertanyaannya: bagaimana merubah cold menjadi warm atau hot? Jawabannya Anda harus give, give dan give. Memperkenalkan diri, bisa sharing, bisa kasih sesuatu yang bermanfaat, bangun interaksi dengan kolam Anda.

3. Bangun Kolam Prospek

Kata-kata promosi udah bagus, penawaran telah menarik, copywriting telah paling keren bahkan tiap hari menggunakan covert selling. tetapi tetap yang nyangkut closing sedikit. Jawabannya kemungkinan besar kolam prospek Anda tak banyak. Leads Anda kecil.

Promosi paling Ampuh agar Mudah Diterima

Apabila ingin promosi yang Anda buat sukses, langkah penting yang harus dijalankan yakni kudu memiliki kolam yang besar. Kolam prospek adalah calon pembeli Anda. Calon prospek dalam sebuah database besar yang terus Anda bangun. Kolam itu tujuannya yaitu membuat cold market menjadi warm market.

Yang tadinya si market itu engga kenal Anda (cold) jadi kenal (warm). Contoh kolam itu seperti FB, IG, BBM, Grup WA, Telegram, Email dsb. Kunci sukses biar promosi yang Anda buat berhasil adalah punya kolam yang besar.

Perbesar Kolam

Contoh kolam yang besar :

  • minimal FB pribadi Anda 4000 teman,
  • Punya Instagram minimal 5000 follower,
  • BBM kontak Anda minimal 5000 kontak,
  • Kontak WA yang tetarget seenggaknya 1000,
  • Jika bisa mempunyai FB grup minimal 5000.

Promosi paling Ampuh agar Mudah Diterima

Akan tetapi mohon dicatat, semua kolam wajib yang sesuai target market Anda. Dan contoh kolam di atas ialah buat jualan online. Sedangkan buat jualan offline kolam prospeknya merupakan database yang Anda punyai dan pasukan penjualan yang dibikin.

Kalau tidak punya kolam prospek apakah engga dapat jualan? Jawabannya tentu dapat, akan tetapi jualannya gak sebesar dan secepat yang mempunyai kolam prospek. Mending jualannya satu biji atau 10 bahkan 100?

Karena mau gimana pun kolam prospek ialah kumpulan leads (calon prospek) yang Anda tumbuh kembangkan untuk nantinya dipersiapkan jadi pelanggan Anda. Boleh engga pakai kolam orang lain. Boleh saja asal produk Anda sudah dikenal banget. Kalau belum dikenal nanti bisa disebut spam.

Promosi paling Ampuh agar Mudah Diterima

Satu catatan penting: Jangan asal spam, malah merusak nama atau brand Anda. Jikapun ingin spam di grup orang perlu izin atau japri admin dengan memperkenalkan diri dan minta izin dulu. Atau apabila ingin jualan ya mesti japri. Jadi disaran tetap bangun kolam prospek sendiri.

Berapa lama ya buat kolam prospek? Tergantung seberapa konsisten sharing Anda. Kolam prospek yang Anda bangun entah itu FB pribadi, WA, BBM dls, wajib Anda dorong dari cold menjadi warm. Ingat, Anda perlu sering sharing dan giving.

Nah, buat lebih mendalam seputar cara membuat promosi yang berhasil coba baca buku Rahasia Membuat Promosi yang Menjual. Untuk membelinya bisa hubungi kami atau klik link di judul buku.

Sekian informasi seputar Promosi paling Ampuh agar Mudah Diterima, semoga post kali ini berguna buat kalian. Tolong post ini diviralkan biar semakin banyak yang memperoleh manfaat.

Referensi: Syarat Promosi Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *