Membuat Promosi Produk biar Usaha Sukses

[pgp_title]

Topik kita sekarang ialah Membuat Promosi Produk biar Usaha Sukses. Membuat promosi yang berhasil itu ga hanya berkaitan dengan copywriting atau kata-kata paling bagus. Tapi ada hal-hal lain yang mesti Anda miliki biar promosi yang Anda laksanakan dapat menjual. Dan tentu saja berhasil mendatangkan transaksi. Berikut ini 3 syarat penting atau rahasia agar promosi Anda sukses yaitu produk bagus dan dibutuhkan; target market yang pas; serta punya kolam prospek.

Membuat Promosi Produk biar Usaha Sukses

Membuat Promosi Produk biar Usaha Sukses

Apabila promosi Anda gak berhasil ada kemungkinan salah satu hal tersebut belum Anda kerjakan. Kalau Anda bisa memenuhi syarat ini, hampir pasti semua promosi yang Anda jalankan sukses. Berikut penjelasan dari syarat wajib ini :

1. Produknya Bermutu dan Dibutuhkan

Dari semua teknik promosi yang paling bagus sekalipun, poin ini adalah yang paling dasar. Promosi sekenceng apapun bila produknya gak berkualitas, hasilnya malah blunder. Begini, kejadiannya ialah Anda mempromosikan sesuatu tapi dianggapan pasar bahwa produk tersebut berkualitas kagak baik, hasilnya kemungkinan besar bakal gak optimum.

Berbicara promosi Anda akan berbicara tentang jangka panjang. Maka Anda mesti perhatikan bahwa produk yang dijual emang bermutu baik. Buat teman-teman reseller, pastikan mempunyai supplier yang menjual produk bermutu. Seperti produk Smart Detox dari Synergy Worldwide. Dan pastikan produk yang Anda jual memang dibutuhkan market. Sebab kalau menjual sesuatu yang sebenarnya kurang diperlukan pasar, mau Anda edukasi hingga jungkir balik jualannya juga tidak bakal optimal.

Membuat Promosi Produk biar Usaha Sukses

2. Target Market yang Pas

Pada bagian ini kita bahas seputar dua poin penting yakni target market dan level kedekatan. Ada hal yang lebih penting dari sebuah kalimat promosi yang keren. Jangan sampai salah target market. Target marketnya mesti sesuai dengan produk yang dijual. Misal,

  • Jualan buku bisnis, segmennya mesti ke wirausaha, agak susah jika ke karyawan. Kecuali ke karyawan yang niat membuka bisnis.
  • Jualan situs company profile, segmennya bisa ke corporate.
  • Jual situs toko online bisa ke pebisnis online.
  • Jualan herbal agak sulit buat segmennya anak muda atau remaja. Jualan herbal lebih cocok buat segmen dewasa.
Marketing temperature

Syarat promosi disesuaikan dengan level kedekatan market. Kebanyakan teknik ini memakai istilah marketing temperature. Level kedekatan market ini dibagi menjadi tiga market yakni Cold Market, Warm Market, Hot Market. Di Global Marketing Concept, istilah ini sering dipakai dengan nama Classification of Sales Leads.

Membuat Promosi Produk biar Usaha Sukses

Pernah gak Anda jualan sudah berbusa-busa tetapi engga ada yang nyangkut. Telah sebar BC tiap hari, blusukan ke grup, share di medsos, tetap tidak nyangkut. Apa yang terjadi yang sebetulnya?

Kemungkinan besar Anda menjual ke cold market, yaitu market yang belum mengenal Anda. Ilustrasinya seperti ini. Misal ada lawan jenis deketin Anda, tidak kenal, engga pernah ketemu namun tiba-tiba ngajak nikah (ngajak closing). Pasti kagak bakal mau kan. Itu mirip Anda yang kagak dikenal tetapi tiba-tiba jualan produk yang tak dikenal dan ke market yang belum mengenal produk Anda. Itu yang dinamakan cold market.

Lalu apa itu warm market? Warm yaitu market yang telah tahu produknya dan telah kenal penjualnya. Alias udah mulai percaya sedikit-sedikit. Bagaimana dengan hot market? hot market merupakan karakter market yang sudah tahu dan udah pernah beli produk Anda sebelumnya. Sehingga si market telah ada trust.

Membuat Promosi Produk biar Usaha Sukses

Jualan yang mempunyai potensi closing yakni ke warm market. Dan paling gampang closing ialah jual ke hot market yang sudah benar-benar percaya. Apa yang Anda jual hampir pasti dibeli.

Catatan:

Jangan jualan ke cold market, karena pasti susah closing. Mesti diubah terlebih dahulu dari cold jadi warm atau bahkan hot. Pertanyaannya: bagaimana mengubah cold menjadi warm atau hot? Jawabannya Anda kudu give, give dan give. Memperkenalkan diri, bisa sharing, bisa kasih sesuatu yang bermanfaat, bangun interaksi dengan kolam Anda.

3. Bangun Kolam Prospek

Kata-kata promosi udah keren, penawaran sudah menarik, copywriting sudah paling bagus bahkan setiap hari menggunakan covert selling. tapi tetap yang nyangkut closing sedikit. Jawabannya kemungkinan besar kolam prospek Anda kagak banyak. Leads Anda kecil.

Membuat Promosi Produk biar Usaha Sukses

Kalau mau promosi yang Anda buat sukses, langkah penting yang mesti dijalankan adalah kudu mempunyai kolam yang besar. Kolam prospek yaitu calon pembeli Anda. Calon prospek dalam sebuah database besar yang terus Anda bangun. Kolam itu tujuannya yakni membuat cold market jadi warm market.

Yang tadinya si market itu engga kenal Anda (cold) jadi kenal (warm). Contoh kolam itu seperti FB, IG, BBM, Grup WA, Telegram, Email dst. Kunci sukses supaya promosi yang Anda buat berhasil ialah mempunyai kolam yang besar.

Perbesar Kolam

Contoh kolam yang besar :

  • minimal FB pribadi Anda 4000 friends,
  • Punya Instagram minimal 5000 follower,
  • BBM kontak Anda minimal 5000 kontak,
  • Kontak WA yang tetarget setidaknya 1000,
  • Kalau bisa mempunyai FB grup minimal 5000.

Membuat Promosi Produk biar Usaha Sukses

Tetapi mohon dicatat, semua kolam wajib yang sesuai target market Anda. Dan contoh kolam di atas adalah untuk jualan online. Sedangkan untuk jualan offline kolam prospeknya adalah database yang Anda miliki dan pasukan penjualan yang dibuat.

Bila tak mempunyai kolam prospek apakah kagak bisa jualan? Jawabannya tentu dapat, akan tetapi jualannya kagak sebesar dan secepat yang memiliki kolam prospek. Mending jualannya satu biji atau 10 bahkan 100?

Karena mau bagaimana juga kolam prospek yakni kumpulan leads (calon prospek) yang Anda tumbuh kembangkan untuk nantinya dipersiapkan menjadi pelanggan Anda. Boleh tidak pakai kolam orang lain. Boleh saja asal produk Anda udah dikenal banget. Kalau belum dikenal nanti dapat disebut spam.

Membuat Promosi Produk biar Usaha Sukses

Satu catatan penting: Jangan asal spam, malah merusak nama atau brand Anda. Jikapun ingin spam di grup orang kudu izin atau japri admin dengan mengenalkan diri dan minta izin dulu. Atau apabila ingin jualan ya perlu japri. Jadi disaran tetap bangun kolam prospek sendiri.

Berapa lama ya buat kolam prospek? Tergantung seberapa konsisten sharing Anda. Kolam prospek yang Anda bangun entah itu FB pribadi, WA, BBM dll, wajib Anda dorong dari cold jadi warm. Ingat, Anda kudu sering sharing dan giving.

Nah, buat lebih mendalam berkaitan dengan cara bikin promosi yang berhasil coba baca buku Rahasia Membuat Promosi yang Menjual. Buat membelinya dapat hubungi kami atau klik link di judul buku.

Sekian informasi mengenai Membuat Promosi Produk biar Usaha Sukses, semoga postingan kali ini bermanfaat untuk kalian. Mohon postingan ini dibagikan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Syarat Promosi Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *