Membuat Promosi paling Ampuh yang Baik dan Benar

[pgp_title]

Topik kita sekarang yakni Membuat Promosi paling Ampuh yang Baik dan Benar. Bikin promosi yang sukses itu kagak cuma berkaitan dengan copywriting atau kata-kata paling bagus. Akan tetapi ada hal-hal lain yang perlu Anda miliki supaya promosi yang Anda lakukan dapat menjual. Dan tentu aja sukses mendatangkan transaksi. Berikut ini Beberapa syarat penting atau rahasia biar promosi Anda berhasil yakni produk bagus dan dibutuhkan; target market yang pas; serta punya kolam prospek.

Membuat Promosi paling Ampuh yang Baik dan Benar

Membuat Promosi paling Ampuh yang Baik dan Benar

Jika promosi Anda gak sukses ada kemungkinan salah satu hal tersebut belum Anda kerjakan. Bila Anda bisa memenuhi syarat ini, hampir pasti semua promosi yang Anda jalankan sukses. Ini penjelasan dari ketiga syarat wajib ini :

1. Produknya Bermutu dan Dibutuhkan

Dari semua teknik promosi yang paling bagus sekalipun, poin ini ialah yang paling dasar. Promosi sekenceng apapun bila produknya tak bermutu, hasilnya malah blunder. Begini, kejadiannya ialah Anda mempromosikan sesuatu tetapi dianggapan pasar bahwa produk tersebut berkualitas kagak bagus, hasilnya kemungkinan besar akan tidak optimal.

Berbicara promosi Anda bakal berbicara tentang jangka panjang. Maka Anda harus perhatikan bahwa produk yang dijual memang berkualitas bagus. Untuk teman-teman reseller, pastikan memiliki supplier yang menjual produk bermutu. Seperti produk Smart Detox dari Synergy Worldwide. Dan pastikan produk yang Anda jual emang dibutuhkan market. Karena apabila menjual sesuatu yang sebetulnya kurang diperlukan pasar, mau Anda edukasi hingga jungkir balik jualannya pun ga bakal maksimum.

Membuat Promosi paling Ampuh yang Baik dan Benar

2. Target Market yang Pas

Pada bagian ini kita bahas seputar dua poin penting yakni target market dan level kedekatan. Ada hal yang lebih penting dari sebuah kalimat promosi yang bagus. Jangan sampai salah target market. Target marketnya mesti sesuai dengan produk yang dijual. Seperti,

  • Jualan buku bisnis, segmennya wajib ke entrepreneur, agak susah apabila ke karyawan. Kecuali ke karyawan yang niat buka bisnis.
  • Jualan situs company profile, segmennya bisa ke corporate.
  • Jual situs toko online bisa ke pebisnis online.
  • Jualan herbal agak susah untuk segmennya anak muda atau remaja. Jualan herbal lebih cocok buat segmen dewasa.
Marketing temperature

Syarat promosi disesuaikan dengan level kedekatan market. Kebanyakan teknik ini pakai istilah marketing temperature. Level kedekatan market ini terbagi menjadi tiga market yakni Cold Market, Warm Market, Hot Market. Di Global Marketing Concept, istilah ini sering dipakai dengan nama Classification of Sales Leads.

Membuat Promosi paling Ampuh yang Baik dan Benar

Pernah kagak Anda jualan udah berbusa-busa tetapi tak ada yang nyangkut. Sudah nyebar BC tiap hari, blusukan ke grup, share di sosial media, tetap engga nyangkut. Apa yang terjadi yang sebetulnya?

Kemungkinan besar Anda menjual ke cold market, yaitu market yang belum mengenal Anda. Ilustrasinya berikut ini. Misal ada lawan jenis deketin Anda, gak kenal, ga pernah ketemu tapi tiba-tiba ngajak nikah (ngajak closing). Pasti kagak akan mau kan. Itu mirip Anda yang gak dikenal namun tiba-tiba jualan produk yang tak dikenal dan ke market yang belum mengenal produk Anda. Itu yang dinamakan cold market.

Lalu apa itu warm market? Warm adalah market yang telah tahu produknya dan sudah mengenal penjualnya. Alias udah mulai percaya sedikit-sedikit. Bagaimana dengan hot market? hot market ialah karakter market yang sudah tahu dan sudah pernah beli produk Anda sebelumnya. Sehingga si market sudah ada trust.

Membuat Promosi paling Ampuh yang Baik dan Benar

Jualan yang memiliki potensi closing yakni ke warm market. Dan paling gampang closing ialah jual ke hot market yang udah benar-benar percaya. Apa yang Anda jual hampir pasti dibeli.

Catatan:

Jangan jualan ke cold market, sebab pasti sulit closing. Wajib dirubah lebih dulu dari cold menjadi warm atau bahkan hot. Pertanyaannya: bagaimana mengubah cold jadi warm atau hot? Jawabannya Anda wajib give, give dan give. Mengenalkan diri, bisa sharing, bisa kasih sesuatu yang bermanfaat, bangun interaksi dengan kolam Anda.

3. Membangun Kolam Prospek

Kata-kata promosi sudah bagus, penawaran udah menarik, copywriting udah paling bagus bahkan tiap hari pakai covert selling. namun tetap yang nyangkut closing sedikit. Jawabannya kemungkinan besar kolam prospek Anda tidak banyak. Leads Anda kecil.

Membuat Promosi paling Ampuh yang Baik dan Benar

Bila mau promosi yang Anda bikin berhasil, langkah penting yang mesti dilaksanakan ialah kudu mempunyai kolam yang besar. Kolam prospek ialah calon pembeli Anda. Calon prospek dalam sebuah database besar yang terus Anda bangun. Kolam itu tujuannya adalah bikin cold market jadi warm market.

Yang tadinya si market itu ga kenal Anda (cold) menjadi kenal (warm). Contoh kolam itu seperti FB, IG, BBM, Grup WA, Telegram, Email dll. Kunci sukses biar promosi yang Anda bikin berhasil yakni punya kolam yang besar.

Perbesar Kolam

Contoh kolam yang besar :

  • minimal FB pribadi Anda 4000 friends,
  • Mempunyai Instagram minimal 5000 follower,
  • BBM kontak Anda minimal 5000 kontak,
  • Kontak WA yang tetarget seengganya 1000,
  • Jika bisa mempunyai FB grup minimal 5000.

Membuat Promosi paling Ampuh yang Baik dan Benar

Tetapi mohon dicatat, semua kolam harus yang sesuai target market Anda. Dan contoh kolam di atas yakni untuk jualan online. Sedangkan buat jualan offline kolam prospeknya ialah database yang Anda miliki dan pasukan penjualan yang dibuat.

Kalau gak mempunyai kolam prospek apakah tak dapat jualan? Jawabannya tentu dapat, namun jualannya tidak sebesar dan secepat yang punya kolam prospek. Mending jualannya satu biji atau 10 bahkan 100?

Karena mau gimana juga kolam prospek yakni kumpulan leads (calon prospek) yang Anda tumbuh kembangkan buat nantinya disiapkan menjadi pelanggan Anda. Boleh engga pakai kolam orang lain. Boleh aja asal produk Anda sudah dikenal banget. Kalau belum dikenal nanti dapat disebut spam.

Membuat Promosi paling Ampuh yang Baik dan Benar

Satu catatan penting: Jangan asal spam, malah merusak nama atau brand Anda. Jikapun ingin spam di grup orang kudu ijin atau japri admin dengan mengenalkan diri dan minta ijin dulu. Atau kalau mau jualan ya kudu japri. Jadi disaran tetap bangun kolam prospek sendiri.

Berapa lama ya bikin kolam prospek? Tergantung seberapa konsisten sharing Anda. Kolam prospek yang Anda bangun entah itu FB pribadi, WA, BBM dls, wajib Anda dorong dari cold menjadi warm. Ingat, Anda mesti sering sharing dan giving.

Nah, untuk lebih mendalam berkaitan dengan cara membuat promosi yang sukses coba baca buku Rahasia Membuat Promosi yang Menjual. Untuk membelinya dapat hubungi kami atau klik link di judul buku.

Sekian info terkait dengan Membuat Promosi paling Ampuh yang Baik dan Benar, kami harap artikel kali ini bermanfaat buat kalian. Mohon postingan ini diviralkan supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Syarat Promosi Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *