Membuat Promosi agar Gampang Diterima Pembeli

[pgp_title]

Kali ini kami akan ulas perihal Membuat Promosi agar Gampang Diterima Pembeli. Bikin promosi yang sukses itu enggak hanya seputar copywriting atau kata-kata paling keren. Tapi ada hal-hal lain yang perlu Anda miliki supaya promosi yang Anda laksanakan bisa menjual. Dan tentu saja berhasil mendatangkan transaksi. Berikut ini syarat penting atau cara agar promosi Anda berhasil yakni produk bagus dan dipelukan; target market yang pas; serta punya kolam prospek.

Membuat Promosi  agar Gampang Diterima Pembeli

Membuat Promosi agar Gampang Diterima Pembeli

Apabila promosi Anda tidak sukses ada kemungkinan salah satu hal tersebut belum Anda laksanakan. Jika Anda dapat memenuhi syarat ini, hampir pasti semua promosi yang Anda lakukan sukses. Berikut ini penjelasan dari ketiga syarat penting ini :

1. Produknya Bermutu dan Dibutuhkan

Dari semua teknik promosi yang paling bagus sekalipun, poin ini adalah yang paling dasar. Promosi sekenceng apapun kalau produknya tak berkualitas, hasilnya malah blunder. Begini, kejadiannya adalah Anda mempromosikan sesuatu akan tetapi dianggapan pasar bahwa produk tersebut berkualitas tak baik, hasilnya kemungkinan besar bakal gak optimum.

Berbicara promosi Anda akan berbicara tentang jangka panjang. Maka Anda perlu perhatikan bahwa produk yang dijual memang berkualitas bagus. Untuk teman-teman reseller, pastikan memiliki supplier yang menjual produk bermutu. Seperti produk Smart Detox dari Synergy Worldwide. Dan pastikan produk yang Anda jual emang diperlukan market. Karena bila menjual sesuatu yang sebenarnya kurang diperlukan pasar, mau Anda edukasi sampai jungkir balik jualannya juga tak akan maksimal.

Membuat Promosi agar Gampang Diterima Pembeli

2. Target Market yang Pas

Pada bagian ini kita bahas perihal 2 poin penting yaitu target market dan level kedekatan. Ada hal yang lebih penting dari sebuah kalimat promosi yang bagus. Jangan sampai salah target market. Target marketnya harus sesuai dengan produk yang Anda jual. Contoh,

  • Jualan buku bisnis, segmennya wajib ke wirausaha, agak susah apabila ke karyawan. Kecuali ke karyawan yang niat memulai bisnis.
  • Jualan website company profile, segmennya bisa ke corporate.
  • Jual web online shop bisa ke pebisnis online.
  • Jualan herbal agak sulit buat segmennya anak muda atau remaja. Jualan herbal lebih cocok untuk segmen dewasa.
Marketing temperature

Syarat promosi disesuaikan dengan level kedekatan market. Pada umumnya teknik ini pakai istilah marketing temperature. Level kedekatan market ini terbagi menjadi 3 market yaitu Cold Market, Warm Market, Hot Market. Di Global Marketing Concept, istilah ini sering dipakai dengan nama Classification of Sales Leads.

Membuat Promosi agar Gampang Diterima Pembeli

Pernah enggak Anda jualan udah berbusa-busa tapi tidak ada yang nyangkut. Udah nyebar BC setiap hari, blusukan ke grup, share di sosial media, tetap ga nyangkut. Apa yang terjadi yang sebenarnya?

Kemungkinan besar Anda menjual ke cold market, yakni market yang belum mengenal Anda. Ilustrasinya seperti ini. Misal ada lawan jenis deketin Anda, enggak kenal, tidak pernah ketemu tetapi tiba-tiba ngajak nikah (ngajak closing). Pasti tak bakal mau kan. Itu mirip Anda yang kagak dikenal namun tiba-tiba jualan produk yang gak dikenal dan ke market yang belum mengenal produk Anda. Itu yang dinamakan cold market.

Lalu apa itu warm market? Warm yaitu market yang sudah mengetahui produknya dan udah mengenal penjualnya. Atau sudah mulai percaya sedikit-sedikit. Bagaimana dengan hot market? hot market yakni karakter market yang telah mengetahui dan telah pernah beli produk Anda sebelumnya. Sehingga si market telah ada trust.

Membuat Promosi agar Gampang Diterima Pembeli

Jualan yang punya potensi closing ialah ke warm market. Dan paling mudah closing yakni jual ke hot market yang udah benar-benar percaya. Apa yang Anda jual hampir pasti dibeli.

Catatan:

Jangan jualan ke cold market, karena pasti sulit closing. Kudu diubah lebih dulu dari cold menjadi warm atau bahkan hot. Pertanyaannya: gimana mengubah cold jadi warm atau hot? Jawabannya Anda mesti give, give dan give. Memperkenalkan diri, bisa sharing, bisa kasih sesuatu yang bermanfaat, bangun interaksi dengan kolam Anda.

3. Membangun Kolam Prospek

Kata-kata promosi sudah keren, penawaran telah menarik, copywriting sudah paling keren bahkan setiap hari memakai covert selling. tapi tetap yang nyangkut closing sedikit. Jawabannya kemungkinan besar kolam prospek Anda kagak banyak. Leads Anda kecil.

Membuat Promosi agar Gampang Diterima Pembeli

Kalau mau promosi yang Anda buat sukses, langkah penting yang mesti dilaksanakan adalah kudu punya kolam yang besar. Kolam prospek yakni calon pembeli Anda. Calon prospek dalam sebuah database besar yang terus Anda bangun. Kolam itu tujuannya yaitu bikin cold market menjadi warm market.

Yang tadinya si market itu ga mengenal Anda (cold) menjadi kenal (warm). Contoh kolam itu seperti FB, IG, BBM, Grup WA, Telegram, Email dll. Kunci sukses agar promosi yang Anda buat berhasil yaitu memiliki kolam yang besar.

Perbesar Kolam

Contoh kolam yang besar :

  • minimal FB pribadi Anda 4000 teman,
  • Mempunyai IG minimal 5000 follower,
  • BBM kontak Anda minimal 5000 kontak,
  • Kontak WA yang tetarget setidaknya 1000,
  • Jika bisa mempunyai FB grup minimal 5000.

Membuat Promosi agar Gampang Diterima Pembeli

Akan tetapi mohon dicatat, semua kolam kudu yang sesuai target market Anda. Dan contoh kolam di atas merupakan untuk jualan online. Sedangkan buat jualan offline kolam prospeknya ialah database yang Anda punyai dan pasukan penjualan yang dibikin.

Bila ga punya kolam prospek apakah kagak bisa jualan? Jawabannya tentu dapat, namun jualannya ga sebesar dan secepat yang mempunyai kolam prospek. Mending jualannya satu biji atau 10 bahkan 100?

Karena mau gimana juga kolam prospek yaitu kumpulan leads (calon prospek) yang Anda tumbuh kembangkan untuk nantinya disiapkan menjadi pelanggan Anda. Boleh gak pakai kolam orang lain. Boleh saja asal produk Anda sudah dikenal banget. Jika belum dikenal nanti bisa disebut spam.

Membuat Promosi agar Gampang Diterima Pembeli

Satu catatan penting: Jangan asal spam, malah merusak nama atau brand Anda. Jikapun mau spam di grup orang kudu ijin atau japri admin dengan mengenalkan diri dan minta ijin dulu. Atau bila mau jualan ya wajib japri. Jadi disaran tetap bangun kolam prospek sendiri.

Berapa lama ya bikin kolam prospek? Tergantung seberapa konsisten sharing Anda. Kolam prospek yang Anda bangun entah itu FB pribadi, WA, BBM dsb, wajib Anda dorong dari cold jadi warm. Ingat, Anda harus sering sharing dan giving.

Nah, buat lebih mendalam tentang cara membuat promosi yang sukses coba baca buku Rahasia Membuat Promosi yang Menjual. Buat membelinya dapat hubungi kami atau klik link di judul buku.

Demikian informasi perihal Membuat Promosi agar Gampang Diterima Pembeli, semoga postingan kali ini membantu teman-teman semua. Tolong postingan ini disebarluaskan supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Syarat Promosi Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *