Kiat Efektif Promosi yang Menarik biar Bisnis Sukses

[pgp_title]

Topik kita kali ini yakni Kiat Efektif Promosi yang Menarik biar Bisnis Sukses. Membuat promosi yang berhasil itu ga hanya terkait dengan copywriting atau kata-kata paling keren. Akan tetapi ada hal-hal lain yang kudu Anda miliki supaya promosi yang Anda kerjakan bisa menjual. Dan tentu aja berhasil mendatangkan transaksi. Berikut ini 3 syarat wajib atau rahasia biar promosi Anda sukses yaitu produk bagus dan dipelukan; target market yang pas; serta punya kolam prospek.

Kiat Efektif Promosi yang Menarik biar Bisnis Sukses

Kiat Efektif Promosi yang Menarik biar Bisnis Sukses

Bila promosi Anda kagak sukses ada kemungkinan salah satu hal tersebut belum Anda laksanakan. Kalau Anda dapat memenuhi syarat ini, hampir pasti semua promosi yang Anda kerjakan sukses. Ini penjelasan dari ketiga syarat wajib ini :

1. Produknya Berkualitas dan Diperlukan

Dari semua teknik promosi yang paling bagus sekalipun, poin ini adalah yang paling dasar. Promosi sekencang apapun bila produknya kagak berkualitas, hasilnya malah blunder. Begini, kejadiannya ialah Anda mempromosikan sesuatu tetapi dianggapan pasar bahwa produk tersebut berkualitas gak baik, hasilnya kemungkinan besar akan ga optimal.

Berbicara promosi Anda bakal berbicara tentang jangka panjang. Maka Anda harus perhatikan bahwa produk yang dijual emang berkualitas baik. Untuk teman-teman reseller, pastikan memiliki supplier yang menjual produk bermutu. Seperti produk Smart Detox dari Synergy Worldwide. Dan pastikan produk yang Anda jual emang diperlukan market. Sebab apabila menjual sesuatu yang sebetulnya kurang diperlukan pasar, mau Anda edukasi sampai jungkir balik jualannya pun ga akan maksimum.

Kiat Efektif Promosi yang Menarik biar Bisnis Sukses

2. Target Market yang Pas

Pada bagian ini kita bahas perihal 2 poin penting yaitu target market dan level kedekatan. Ada hal yang lebih utama dari sebuah kalimat promosi yang keren. Jangan sampai salah target market. Target marketnya mesti sesuai dengan produk yang dijual. Contoh,

  • Jualan buku bisnis, segmennya harus ke wirausaha, agak sulit apabila ke karyawan. Kecuali ke karyawan yang niat membuka bisnis.
  • Jualan web company profile, segmennya bisa ke corporate.
  • Jual web toko online bisa ke pebisnis online.
  • Jualan herbal agak sulit untuk segmennya anak muda atau remaja. Jualan herbal lebih cocok buat segmen dewasa.
Marketing temperature

Syarat promosi disesuaikan dengan level kedekatan market. Kebanyakan teknik ini pakai istilah marketing temperature. Level kedekatan market ini terbagi menjadi 3 market yakni Cold Market, Warm Market, Hot Market. Di Global Marketing Concept, istilah ini sering dipakai dengan nama Classification of Sales Leads.

Kiat Efektif Promosi yang Menarik biar Bisnis Sukses

Pernah kagak Anda jualan udah berbusa-busa akan tetapi tidak ada yang nyangkut. Sudah nyebar BC tiap hari, blusukan ke grup, share di socmed, tetap engga nyangkut. Apa yang terjadi yang sebenarnya?

Kemungkinan besar Anda menjual ke cold market, yaitu market yang belum mengenal Anda. Ilustrasinya berikut ini. Misal ada lawan jenis deketin Anda, tak kenal, engga pernah ketemu namun tiba-tiba ngajak nikah (ngajak closing). Pasti ga akan mau kan. Itu mirip Anda yang engga dikenal tetapi tiba-tiba jualan produk yang enggak dikenal dan ke market yang belum mengenal produk Anda. Itu yang dinamakan cold market.

Lalu apa itu warm market? Warm ialah market yang udah tahu produknya dan udah kenal penjualnya. Alias telah mulai percaya sedikit-sedikit. Bagaimana dengan hot market? hot market merupakan karakter market yang telah mengetahui dan udah pernah beli produk Anda sebelumnya. Sehingga si market telah ada trust.

Kiat Efektif Promosi yang Menarik biar Bisnis Sukses

Jualan yang punya potensi closing ialah ke warm market. Dan paling mudah closing yakni jual ke hot market yang telah benar-benar percaya. Apa yang Anda jual hampir pasti dibeli.

Catatan:

Jangan jualan ke cold market, sebab pasti susah closing. Mesti dirubah lebih dahulu dari cold menjadi warm atau bahkan hot. Pertanyaannya: bagaimana merubah cold jadi warm atau hot? Jawabannya Anda mesti give, give dan give. Memperkenalkan diri, bisa sharing, bisa kasih sesuatu yang bermanfaat, bangun interaksi dengan kolam Anda.

3. Membangun Kolam Prospek

Kata-kata promosi udah keren, penawaran sudah menarik, copywriting sudah paling bagus bahkan tiap hari memakai covert selling. tetapi tetap yang nyangkut closing sedikit. Jawabannya kemungkinan besar kolam prospek Anda tak banyak. Leads Anda kecil.

Kiat Efektif Promosi yang Menarik biar Bisnis Sukses

Bila ingin promosi yang Anda bikin sukses, langkah penting yang mesti dijalankan yakni kudu memiliki kolam yang besar. Kolam prospek ialah calon pembeli Anda. Calon prospek dalam sebuah database besar yang terus Anda bangun. Kolam itu tujuannya yakni membuat cold market menjadi warm market.

Yang tadinya si market itu kagak kenal Anda (cold) jadi kenal (warm). Contoh kolam itu seperti FB, IG, BBM, Grup WA, Telegram, Email dll. Kunci sukses biar promosi yang Anda bikin berhasil yaitu punya kolam yang besar.

Perbesar Kolam

Contoh kolam yang besar :

  • minimal Facebook pribadi Anda 4000 teman,
  • Mempunyai IG minimal 5000 follower,
  • BBM kontak Anda minimal 5000 kontak,
  • Kontak WA yang tetarget seengganya 1000,
  • Jika bisa memiliki FB grup minimal 5000.

Kiat Efektif Promosi yang Menarik biar Bisnis Sukses

Tetapi mohon dicatat, semua kolam harus yang sesuai target market Anda. Dan contoh kolam di atas adalah buat jualan online. Sedangkan buat jualan offline kolam prospeknya yaitu database yang Anda miliki dan pasukan penjualan yang dibikin.

Bila tak memiliki kolam prospek apakah enggak bisa jualan? Jawabannya tentu dapat, akan tetapi jualannya gak sebesar dan secepat yang memiliki kolam prospek. Mending jualannya satu biji atau 10 bahkan 100?

Karena mau bagaimana pun kolam prospek adalah kumpulan leads (calon prospek) yang Anda tumbuh kembangkan buat nantinya dipersiapkan menjadi pelanggan Anda. Boleh ga pakai kolam orang lain. Boleh aja asal produk Anda telah dikenal banget. Jika belum dikenal nanti dapat disebut spam.

Kiat Efektif Promosi yang Menarik biar Bisnis Sukses

Satu catatan penting: Jangan asal spam, malah merusak nama atau brand Anda. Jikapun mau spam di grup orang perlu izin atau japri admin dengan memperkenalkan diri dan minta izin dulu. Atau apabila ingin jualan ya wajib japri. Jadi disaran tetap bangun kolam prospek sendiri.

Berapa lama ya bikin kolam prospek? Tergantung seberapa konsisten sharing Anda. Kolam prospek yang Anda bangun entah itu FB pribadi, WA, BBM dsb, wajib Anda dorong dari cold menjadi warm. Ingat, Anda mesti sering sharing dan giving.

Nah, untuk lebih mendalam tentang cara bikin promosi yang berhasil coba baca buku Rahasia Membuat Promosi yang Menjual. Untuk membelinya dapat hubungi kami atau klik link di judul buku.

Sekian info terkait dengan Kiat Efektif Promosi yang Menarik biar Bisnis Sukses, kami harap artikel ini bermanfaat untuk sahabat semua. Tolong postingan ini dishare supaya semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Syarat Promosi Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *