Cara Efektif Promosi yang Menjual supaya Bisnis Sukses

Di artikel ini kami akan ulas berkaitan dengan Cara Efektif Promosi yang Menjual supaya Bisnis Sukses. Membuat promosi yang sukses itu gak hanya mengenai copywriting atau kata-kata paling bagus. Akan tetapi ada hal-hal lain yang kudu Anda miliki biar promosi yang Anda laksanakan dapat menjual. Dan tentu aja sukses mendatangkan transaksi. Berikut ini Beberapa syarat wajib atau cara biar promosi Anda sukses yaitu produk bagus dan dibutuhkan; target market yang pas; serta punya kolam prospek.

Cara Efektif Promosi yang Menjual supaya Bisnis Sukses

Cara Efektif Promosi yang Menjual supaya Bisnis Sukses

Jika promosi Anda engga berhasil ada kemungkinan salah satu hal tersebut belum Anda laksanakan. Apabila Anda bisa memenuhi syarat ini, hampir pasti semua promosi yang Anda laksanakan berhasil. Ini penjelasan dari syarat penting ini :

1. Produknya Berkualitas dan Diperlukan

Dari semua teknik promosi yang paling bagus sekalipun, poin ini ialah yang paling dasar. Promosi sekenceng apapun bila produknya tidak berkualitas, hasilnya malah blunder. Begini, kejadiannya ialah Anda mempromosikan sesuatu akan tetapi dianggapan pasar bahwa produk tersebut berkualitas kagak baik, hasilnya kemungkinan besar akan engga maksimum.

Berbicara promosi Anda bakal berbicara tentang jangka panjang. Maka Anda kudu perhatikan bahwa produk yang dijual memang berkualitas baik. Bagi teman-teman reseller, pastikan mempunyai supplier yang menjual produk berkualitas. Dan pastikan produk yang Anda jual emang diperlukan market. Karena apabila menjual sesuatu yang sebetulnya kurang diperlukan pasar, mau Anda edukasi sampai jungkir balik jualannya juga enggak bakal maksimal.

Cara Efektif Promosi yang Menjual supaya Bisnis Sukses

2. Target Market yang Pas

Pada bagian ini kita bahas perihal 2 poin penting yaitu target market dan level kedekatan. Ada hal yang lebih utama dari sebuah kalimat promosi yang keren. Jangan sampai salah target market. Target marketnya wajib sesuai dengan produk yang dijual. Seperti,

  • Jualan buku bisnis, segmennya mesti ke pebisnis, agak sulit kalau ke karyawan. Kecuali ke karyawan yang niat memulai usaha.
  • Jualan situs company profile, segmennya bisa ke corporate.
  • Jual situs toko online bisa ke pebisnis online.
  • Jualan herbal agak sulit buat segmennya anak muda atau remaja. Jualan herbal lebih cocok untuk segmen dewasa.
Marketing temperature

Syarat promosi disesuaikan dengan level kedekatan market. Rata-rata teknik ini menggunakan istilah marketing temperature. Level kedekatan market ini dibagi jadi 3 market yakni Cold Market, Warm Market, Hot Market. Di Global Marketing Concept, istilah ini sering dipakai dengan nama Classification of Sales Leads.

Cara Efektif Promosi yang Menjual supaya Bisnis Sukses

Pernah tidak Anda jualan telah berbusa-busa tetapi enggak ada yang nyangkut. Telah sebar BC setiap hari, blusukan ke grup, share di media sosial, tetap tidak nyangkut. Apa yang terjadi yang sebenarnya?

Kemungkinan besar Anda menjual ke cold market, yakni market yang belum mengenal Anda. Ilustrasinya seperti ini. Misal ada lawan jenis deketin Anda, gak kenal, ga pernah ketemu tetapi tiba-tiba ngajak nikah (ngajak closing). Pasti kagak akan mau kan. Itu mirip Anda yang gak dikenal tapi tiba-tiba jualan produk yang enggak dikenal dan ke market yang belum mengenal produk Anda. Itu yang dinamakan cold market.

Lalu apa itu warm market? Warm adalah market yang telah tahu produknya dan telah kenal penjualnya. Alias sudah mulai percaya sedikit-sedikit. Gimana dengan hot market? hot market adalah karakter market yang sudah mengetahui dan udah pernah beli produk Anda sebelumnya. Sehingga si market udah ada trust.

Cara Efektif Promosi yang Menjual supaya Bisnis Sukses

Jualan yang memiliki potensi closing ialah ke warm market. Dan paling gampang closing ialah jual ke hot market yang udah benar-benar percaya. Apa yang Anda jual hampir pasti dibeli.

Catatan:

Jangan jualan ke cold market, karena pasti susah closing. Mesti diubah terlebih dulu dari cold jadi warm atau bahkan hot. Pertanyaannya: gimana mengubah cold menjadi warm atau hot? Jawabannya Anda perlu give, give dan give. Mengenalkan diri, bisa sharing, bisa kasih sesuatu yang bermanfaat, bangun interaksi dengan kolam Anda.

3. Membangun Kolam Prospek

Kata-kata promosi sudah keren, penawaran sudah menarik, copywriting sudah paling bagus bahkan tiap hari menggunakan covert selling. tetapi tetap yang nyangkut closing sedikit. Jawabannya kemungkinan besar kolam prospek Anda gak banyak. Leads Anda kecil.

Cara Efektif Promosi yang Menjual supaya Bisnis Sukses

Kalau ingin promosi yang Anda buat sukses, langkah penting yang mesti dilakukan yaitu perlu mempunyai kolam yang besar. Kolam prospek yakni calon pembeli Anda. Calon prospek dalam sebuah database besar yang terus Anda bangun. Kolam itu tujuannya adalah membuat cold market menjadi warm market.

Yang tadinya si market itu tidak kenal Anda (cold) jadi kenal (warm). Contoh kolam itu seperti FB, IG, BBM, Grup WA, Telegram, Email dsb. Kunci sukses agar promosi yang Anda buat sukses yaitu memiliki kolam yang besar.

Perbesar Kolam

Contoh kolam yang besar :

  • minimal Facebook pribadi Anda 4000 teman,
  • Memiliki Instagram minimal 5000 follower,
  • BBM kontak Anda minimal 5000 kontak,
  • Kontak WA yang tetarget seengganya 1000,
  • Jika bisa memiliki FB grup minimal 5000.

Cara Efektif Promosi yang Menjual supaya Bisnis Sukses

Namun mohon dicatat, semua kolam wajib yang sesuai target market Anda. Dan contoh kolam di atas ialah untuk jualan online. Sedangkan untuk jualan offline kolam prospeknya yaitu database yang Anda miliki dan pasukan penjualan yang dibuat.

Apabila engga punya kolam prospek apakah engga dapat jualan? Jawabannya tentu dapat, tetapi jualannya tak sebesar dan secepat yang memiliki kolam prospek. Mending jualannya satu biji atau 10 bahkan 100?

Karena mau bagaimana pun kolam prospek adalah kumpulan leads (calon prospek) yang Anda tumbuh kembangkan untuk nantinya disiapkan jadi pelanggan Anda. Boleh ga pakai kolam orang lain. Boleh aja asal produk Anda sudah dikenal banget. Jika belum dikenal nanti dapat disebut spam.

Cara Efektif Promosi yang Menjual supaya Bisnis Sukses

Satu catatan penting: Jangan asal spam, malah merusak nama atau brand Anda. Apabilapun ingin spam di grup orang harus izin atau japri admin dengan memperkenalkan diri dan minta ijin dulu. Atau jika ingin jualan ya harus japri. Jadi disaran tetap bangun kolam prospek sendiri.

Berapa lama ya buat kolam prospek? Tergantung seberapa konsisten sharing Anda. Kolam prospek yang Anda bangun entah itu FB pribadi, WA, BBM dsb, mesti Anda dorong dari cold jadi warm. Ingat, Anda kudu sering sharing dan giving.

Nah, untuk lebih mendalam mengenai cara bikin promosi yang berhasil coba baca buku Rahasia Membuat Promosi yang Menjual. Buat membelinya bisa hubungi kami atau klik link di judul buku.

Sekian informasi mengenai Cara Efektif Promosi yang Menjual supaya Bisnis Sukses, semoga artikel kali ini berguna buat sahabat semua. Mohon artikel ini diviralkan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Syarat Promosi Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *