Cara Efektif Bikin Promosi Produk supaya Mudah Diterima

[pgp_title]

Topik kita sekarang adalah Cara Efektif Bikin Promosi Produk supaya Mudah Diterima. Membuat promosi yang sukses itu engga cuma mengenai copywriting atau kata-kata paling bagus. Tapi ada hal-hal lain yang kudu Anda miliki agar promosi yang Anda kerjakan bisa menjual. Dan tentu aja sukses mendatangkan transaksi. Berikut ini Beberapa syarat wajib atau cara agar promosi Anda berhasil yaitu produk bagus dan dibutuhkan; target market yang pas; serta punya kolam prospek.

Cara Efektif Bikin Promosi Produk supaya Mudah Diterima

Cara Efektif Bikin Promosi Produk supaya Mudah Diterima

Apabila promosi Anda kagak berhasil ada kemungkinan salah satu hal tersebut belum Anda lakukan. Jika Anda dapat memenuhi syarat ini, hampir pasti semua promosi yang Anda kerjakan berhasil. Berikut penjelasan dari ketiga syarat penting ini :

1. Produknya Bermutu dan Diperlukan

Dari semua teknik promosi yang paling keren sekalipun, poin ini yaitu yang paling dasar. Promosi sekencang apapun kalau produknya ga bermutu, hasilnya malah blunder. Begini, kejadiannya yaitu Anda mempromosikan sesuatu tetapi dianggapan pasar bahwa produk tersebut berkualitas gak baik, hasilnya kemungkinan besar bakal kagak maksimum.

Berbicara promosi Anda akan berbicara tentang jangka panjang. Maka Anda harus perhatikan bahwa produk yang dijual memang berkualitas baik. Bagi teman-teman reseller, pastikan memiliki supplier yang menjual produk bermutu. Seperti produk Smart Detox dari Synergy Worldwide. Dan pastikan produk yang Anda jual memang dibutuhkan market. Sebab apabila menjual sesuatu yang sebetulnya kurang dibutuhkan pasar, mau Anda edukasi hingga jungkir balik jualannya juga tidak bakal optimal.

Cara Efektif Bikin Promosi Produk supaya Mudah Diterima

2. Target Market yang Pas

Pada bagian ini kita bahas seputar dua poin utama yaitu target market dan level kedekatan. Ada hal yang lebih penting dari sebuah kalimat promosi yang bagus. Jangan sampai salah target market. Target marketnya mesti sesuai dengan produk yang Anda jual. Contoh,

  • Jualan buku bisnis, segmennya kudu ke pengusaha, agak susah apabila ke karyawan. Kecuali ke karyawan yang niat membuka usaha.
  • Jualan web company profile, segmennya bisa ke corporate.
  • Jual situs toko online bisa ke pebisnis online.
  • Jualan herbal agak susah buat segmennya anak muda atau remaja. Jualan herbal lebih cocok untuk segmen dewasa.
Marketing temperature

Syarat promosi disesuaikan dengan level kedekatan market. Pada umumnya teknik ini memakai istilah marketing temperature. Level kedekatan market ini terbagi jadi tiga market yakni Cold Market, Warm Market, Hot Market. Di Global Marketing Concept, istilah ini sering dipakai dengan nama Classification of Sales Leads.

Cara Efektif Bikin Promosi Produk supaya Mudah Diterima

Pernah ga Anda jualan telah berbusa-busa tapi engga ada yang nyangkut. Sudah sebar BC tiap hari, blusukan ke grup, share di media sosial, tetap ga nyangkut. Apa yang terjadi yang sebenarnya?

Kemungkinan besar Anda menjual ke cold market, yakni market yang belum mengenal Anda. Ilustrasinya seperti ini. Misal ada lawan jenis deketin Anda, tidak kenal, tak pernah ketemu tetapi tiba-tiba ngajak nikah (ngajak closing). Pasti enggak bakal mau kan. Itu mirip Anda yang tak dikenal akan tetapi tiba-tiba jualan produk yang gak dikenal dan ke market yang belum mengenal produk Anda. Itu yang dinamakan cold market.

Lalu apa itu warm market? Warm merupakan market yang sudah tahu produknya dan telah mengenal penjualnya. Alias sudah mulai percaya sedikit-sedikit. Bagaimana dengan hot market? hot market yaitu karakter market yang telah mengetahui dan telah pernah beli produk Anda sebelumnya. Sehingga si market telah ada trust.

Cara Efektif Bikin Promosi Produk supaya Mudah Diterima

Jualan yang punya potensi closing adalah ke warm market. Dan paling mudah closing yaitu jual ke hot market yang udah benar-benar percaya. Apa yang Anda jual hampir pasti dibeli.

Catatan:

Jangan jualan ke cold market, sebab pasti sulit closing. Perlu diubah terlebih dahulu dari cold menjadi warm atau bahkan hot. Pertanyaannya: bagaimana mengubah cold jadi warm atau hot? Jawabannya Anda perlu give, give dan give. Mengenalkan diri, bisa sharing, bisa kasih sesuatu yang bermanfaat, bangun interaksi dengan kolam Anda.

3. Membangun Kolam Prospek

Kata-kata promosi telah bagus, penawaran telah menarik, copywriting sudah paling keren bahkan tiap hari memakai covert selling. tetapi tetap yang nyangkut closing sedikit. Jawabannya kemungkinan besar kolam prospek Anda tak banyak. Leads Anda kecil.

Cara Efektif Bikin Promosi Produk supaya Mudah Diterima

Apabila mau promosi yang Anda buat sukses, langkah penting yang kudu dilakukan ialah perlu punya kolam yang besar. Kolam prospek adalah calon pembeli Anda. Calon prospek dalam sebuah database besar yang terus Anda bangun. Kolam itu tujuannya ialah membuat cold market jadi warm market.

Yang tadinya si market itu enggak mengenal Anda (cold) menjadi kenal (warm). Contoh kolam itu seperti FB, IG, BBM, Grup WA, Telegram, Email dll. Kunci sukses agar promosi yang Anda buat sukses adalah memiliki kolam yang besar.

Perbesar Kolam

Contoh kolam yang besar :

  • minimal Facebook pribadi Anda 4000 friends,
  • Punya IG minimal 5000 follower,
  • BBM kontak Anda minimal 5000 kontak,
  • Kontak WA yang tetarget seenggaknya 1000,
  • Apabila bisa mempunyai FB grup minimal 5000.

Cara Efektif Bikin Promosi Produk supaya Mudah Diterima

Tapi mohon dicatat, semua kolam mesti yang sesuai target market Anda. Dan contoh kolam di atas ialah buat jualan online. Sedangkan buat jualan offline kolam prospeknya ialah database yang Anda miliki dan pasukan penjualan yang dibikin.

Apabila enggak punya kolam prospek apakah ga bisa jualan? Jawabannya tentu dapat, akan tetapi jualannya engga sebesar dan secepat yang memiliki kolam prospek. Mending jualannya satu biji atau 10 bahkan 100?

Karena mau gimana pun kolam prospek yaitu kumpulan leads (calon prospek) yang Anda tumbuh kembangkan untuk nantinya dipersiapkan jadi pelanggan Anda. Boleh enggak pakai kolam orang lain. Boleh aja asal produk Anda telah dikenal banget. Kalau belum dikenal nanti bisa disebut spam.

Cara Efektif Bikin Promosi Produk supaya Mudah Diterima

Satu catatan penting: Jangan asal spam, malah merusak nama atau brand Anda. Bilapun ingin spam di grup orang kudu izin atau japri admin dengan mengenalkan diri dan minta ijin dulu. Atau bila ingin jualan ya kudu japri. Jadi disaran tetap bangun kolam prospek sendiri.

Berapa lama ya buat kolam prospek? Tergantung seberapa konsisten sharing Anda. Kolam prospek yang Anda bangun entah itu FB pribadi, WA, BBM dsb, wajib Anda dorong dari cold jadi warm. Ingat, Anda kudu sering sharing dan giving.

Nah, buat lebih mendalam tentang cara membuat promosi yang sukses coba baca buku Rahasia Membuat Promosi yang Menjual. Buat membelinya dapat hubungi kami atau klik link di judul buku.

Demikian info mengenai Cara Efektif Bikin Promosi Produk supaya Mudah Diterima, kami harap artikel kali ini berguna buat Anda. Mohon artikel ini dishare supaya semakin banyak yang mendapatkan manfaat.

Referensi: Syarat Promosi Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *