Bikin Promosi yang Baik biar Bisnis Sukses

[pgp_title]

Topik kita sekarang ialah Bikin Promosi yang Baik biar Bisnis Sukses. Membuat promosi yang sukses itu engga cuma perihal copywriting atau kata-kata paling keren. Namun ada hal-hal lain yang harus Anda miliki supaya promosi yang Anda jalankan dapat menjual. Dan tentu aja berhasil mendatangkan transaksi. Berikut ini syarat penting atau cara biar promosi Anda sukses yaitu produk bagus dan dipelukan; target market yang pas; serta punya kolam prospek.

Bikin Promosi  yang Baik biar Bisnis Sukses

Bikin Promosi yang Baik biar Bisnis Sukses

Kalau promosi Anda tak sukses ada kemungkinan salah satu hal di atas belum Anda laksanakan. Kalau Anda bisa memenuhi syarat ini, hampir pasti semua promosi yang Anda kerjakan sukses. Berikut penjelasan dari syarat penting ini :

1. Produknya Berkualitas dan Dibutuhkan

Dari semua teknik promosi yang paling bagus sekalipun, poin ini merupakan yang paling dasar. Promosi sekencang apapun kalau produknya ga bermutu, hasilnya malah blunder. Begini, kejadiannya yakni Anda mempromosikan sesuatu akan tetapi dianggapan pasar bahwa produk tersebut bermutu kurang baik, hasilnya kemungkinan besar akan tidak maksimum.

Berbicara promosi Anda bakal berbicara tentang jangka panjang. Maka Anda harus perhatikan bahwa produk yang dijual emang bermutu bagus. Buat teman-teman reseller, pastikan memiliki supplier yang menjual produk bermutu. Seperti produk Smart Detox dari Synergy Worldwide. Dan pastikan produk yang Anda jual memang dibutuhkan market. Sebab apabila menjual sesuatu yang sebetulnya kurang dibutuhkan pasar, mau Anda edukasi sampai jungkir balik jualannya juga tidak akan maksimal.

Bikin Promosi yang Baik biar Bisnis Sukses

2. Target Market yang Pas

Pada bagian ini kita bahas perihal 2 poin penting yaitu target market dan level kedekatan. Ada hal yang lebih utama dari sebuah kalimat promosi yang bagus. Jangan sampai salah target market. Target marketnya harus sesuai dengan produk yang dijual. Seperti,

  • Jualan buku bisnis, segmennya wajib ke entrepreneur, agak sulit jika ke karyawan. Kecuali ke karyawan yang niat memulai usaha.
  • Jualan situs company profile, segmennya bisa ke corporate.
  • Jual website toko online bisa ke pebisnis online.
  • Jualan herbal agak sulit buat segmennya anak muda atau remaja. Jualan herbal lebih cocok buat segmen dewasa.
Marketing temperature

Syarat promosi disesuaikan dengan level kedekatan market. Rata-rata teknik ini memakai istilah marketing temperature. Level kedekatan market ini terbagi menjadi 3 market yakni Cold Market, Warm Market, Hot Market. Di Global Marketing Concept, istilah ini sering dipakai dengan nama Classification of Sales Leads.

Bikin Promosi yang Baik biar Bisnis Sukses

Pernah enggak Anda jualan sudah berbusa-busa tapi kagak ada yang nyangkut. Udah sebar BC tiap hari, blusukan ke grup, share di sosial media, tetap gak nyangkut. Apa yang terjadi yang sebetulnya?

Kemungkinan besar Anda menjual ke cold market, yaitu market yang belum mengenal Anda. Ilustrasinya berikut ini. Misal ada lawan jenis deketin Anda, ga kenal, tak pernah ketemu tetapi tiba-tiba ngajak nikah (ngajak closing). Pasti kagak akan mau kan. Itu mirip Anda yang enggak dikenal akan tetapi tiba-tiba jualan produk yang enggak dikenal dan ke market yang belum mengenal produk Anda. Itu yang dinamakan cold market.

Lalu apa itu warm market? Warm adalah market yang sudah mengetahui produknya dan sudah kenal penjualnya. Atau telah mulai percaya sedikit-sedikit. Gimana dengan hot market? hot market ialah karakter market yang telah mengetahui dan telah pernah beli produk Anda sebelumnya. Sehingga si market sudah ada trust.

Bikin Promosi yang Baik biar Bisnis Sukses

Jualan yang punya potensi closing ialah ke warm market. Dan paling gampang closing ialah jual ke hot market yang sudah benar-benar percaya. Apa yang Anda jual hampir pasti dibeli.

Catatan:

Jangan jualan ke cold market, sebab pasti susah closing. Perlu diubah lebih dahulu dari cold menjadi warm atau bahkan hot. Pertanyaannya: gimana mengubah cold jadi warm atau hot? Jawabannya Anda harus give, give dan give. Memperkenalkan diri, bisa sharing, bisa kasih sesuatu yang bermanfaat, bangun interaksi dengan kolam Anda.

3. Bangun Kolam Prospek

Kata-kata promosi sudah bagus, penawaran udah menarik, copywriting sudah paling bagus bahkan tiap hari memakai covert selling. tetapi tetap yang nyangkut closing sedikit. Jawabannya kemungkinan besar kolam prospek Anda tidak banyak. Leads Anda kecil.

Bikin Promosi yang Baik biar Bisnis Sukses

Bila mau promosi yang Anda bikin sukses, langkah penting yang harus dijalankan yakni kudu memiliki kolam yang besar. Kolam prospek ialah calon pembeli Anda. Calon prospek dalam sebuah database besar yang terus Anda bangun. Kolam itu tujuannya yakni membuat cold market menjadi warm market.

Yang tadinya si market itu kagak kenal Anda (cold) menjadi kenal (warm). Contoh kolam itu seperti FB, IG, BBM, Grup WA, Telegram, Email dan lain-lain. Kunci sukses biar promosi yang Anda buat berhasil ialah mempunyai kolam yang besar.

Perbesar Kolam

Contoh kolam yang besar :

  • minimal Facebook pribadi Anda 4000 friends,
  • Memiliki Instagram minimal 5000 follower,
  • BBM kontak Anda minimal 5000 kontak,
  • Kontak WA yang tetarget seengganya 1000,
  • Kalau bisa punya FB grup minimal 5000.

Bikin Promosi yang Baik biar Bisnis Sukses

Tapi mohon dicatat, semua kolam mesti yang sesuai target market Anda. Dan contoh kolam di atas merupakan buat jualan online. Sedangkan buat jualan offline kolam prospeknya merupakan database yang Anda punyai dan pasukan penjualan yang dibikin.

Kalau engga memiliki kolam prospek apakah gak dapat jualan? Jawabannya tentu bisa, tapi jualannya tidak sebesar dan secepat yang punya kolam prospek. Mending jualannya satu biji atau 10 bahkan 100?

Karena mau gimana juga kolam prospek adalah kumpulan leads (calon prospek) yang Anda tumbuh kembangkan untuk nantinya dipersiapkan menjadi pelanggan Anda. Boleh engga pakai kolam orang lain. Boleh aja asal produk Anda telah dikenal banget. Bila belum dikenal nanti dapat disebut spam.

Bikin Promosi yang Baik biar Bisnis Sukses

Satu catatan penting: Jangan asal spam, malah merusak nama atau brand Anda. Jikapun ingin spam di grup orang mesti ijin atau japri admin dengan memperkenalkan diri dan minta izin dulu. Atau apabila mau jualan ya mesti japri. Jadi disaran tetap bangun kolam prospek sendiri.

Berapa lama ya bikin kolam prospek? Tergantung seberapa konsisten sharing Anda. Kolam prospek yang Anda bangun entah itu FB pribadi, WA, BBM dls, harus Anda dorong dari cold jadi warm. Ingat, Anda harus sering sharing dan giving.

Nah, untuk lebih mendalam seputar cara membuat promosi yang berhasil coba baca buku Rahasia Membuat Promosi yang Menjual. Buat membelinya bisa hubungi kami atau klik link di judul buku.

Demikian informasi seputar Bikin Promosi yang Baik biar Bisnis Sukses, semoga post kali ini mencerahkan kawan-kawan semua. Tolong artikel ini dibagikan agar semakin banyak yang mendapat manfaat.

Referensi: Syarat Promosi Sukses

Ternyata belajar internet itu mengasyikan, apalagi bisa punya penghasilan 20 jutaan per bulan... rasanya gimana gitu... Tapi gimana cara belajarnya?? Klik gambar di bawah untuk dapat solusinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *